Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Matcha Bagi Kesehatan Tubuh

 Matcha adalah bubuk teh hijau yang dihasilkan dengan cara menggiling daun dan beberapa bagian tanaman hingga halus. Matcha disajikan dalam makanan atau minuman mulai dari matcha shot, latte, teh, hingga makanan penutup yang manis.

Seperti halnya teh hijau, matcha berasal dari tanaman Camellia sinensis. Matcha mengandung nutrisi dari seluruh daun teh dan mengandung lebih banyak kafein dan antioksidan daripada yang biasanya ada dalam teh hijau.

Seperti dikutip dari laman Healthline, Senin (4/12/2023), dari kandungan itu matcha memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kandungan Antioksidan yang Tinggi
Matcha kaya akan katekin, golongan senyawa tumbuhan dalam teh yang berperan sebagai antioksidan alami. Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya, senyawa yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis.

2. Melindungi Kesehatan Hati
Hati sangat penting untuk kesehatan dan memainkan peran sentral dalam membuang racun, memetabolisme obat-obatan, dan memproses nutrisi. Beberapa penelitian menemukan bahwa matcha dapat membantu melindungi kesehatan hati Anda.

3. Mencegah Kanker
Matcha mengandung beberapa senyawa yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker. Pasalnya, matcha mengandung epigallocationchin-3-gallate (EGCG) yang tinggi, sejenis katekin yang mungkin memiliki sifat antikanker yang kuat.

Beberapa penelitian laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa ini dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

4. Membantu Turunkan Berat Badan
Teh hijau terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan dan sering kali dimasukkan dalam suplemen penurun berat badan.

Sebuah tinjauan 2020 menyimpulkan bahwa, bersama dengan pola makan dan olahraga, mengonsumsi teh hijau hingga 500 mg per hari selama 12 minggu dapat menurunkan indeks massa tubuh.

Meskipun sebagian besar penelitian berfokus pada teh hijau, matcha berasal dari tanaman yang sama dan mengandung senyawa serupa dengan teh hijau.

(PMJ NEWS)