Tingkatkan Semangat Nasionalisme: Dandim 0806/Trenggalek Pimpin Upacara Bendera Mingguan

Trenggalek, Buserjatim.com – Sebagai bentuk penghormatan kepada Bendera Negara Indonesia dan sebagai wujud apresiasi kepada para pejuang yang telah berkorban demi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Komandan Kodim (Dandim) 0806/Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., memimpin sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara bendera mingguan di lapangan upacara Makodim 0806/Trenggalek, Senin (4/12/2023).

Dalam keterangannya, Letkol Czi Yudo Aji Susanto menjelaskan bahwa kegiatan upacara bendera mingguan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari rutinitas Kodim 0806/Trenggalek. Acara ini diikuti oleh personel Makodim dan Koramil jajaran Kodim 0806/Trenggalek, menciptakan suasana kebersamaan dan kekompakan di antara para prajurit.

“Upacara bendera mingguan secara rutin dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada Bendera Negara Indonesia dan sebagai wujud penghormatan kepada para pejuang yang telah rela berkorban untuk Kemerdekaan Negara Republik Indonesia,” ungkap Dandim Yudo.

Lebih lanjut, Dandim menekankan bahwa upacara bendera mingguan bukan hanya sekadar seremonial semata, melainkan memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan semangat nasionalisme para prajurit. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini secara teratur setiap minggunya, diharapkan para Prajurit dapat semakin memahami arti pentingnya bendera sebagai simbol persatuan dan kebangsaan.

“Selain itu, dengan dilaksanakannya upacara bendera secara rutin setiap minggunya dapat meningkatkan semangat nasionalisme para Prajurit guna mendukung dalam menjalankan tugas yang diamanahkan oleh Negara,” tambah Dandim.

Semangat nasionalisme yang tumbuh dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara. Dandim 0806/Trenggalek melihat upacara bendera bukan hanya sebagai ritual formal, tetapi sebagai momen berharga untuk mengenang perjuangan para pahlawan dan menguatkan tekad dalam menjaga keutuhan NKRI. Upacara bendera mingguan di Kodim 0806/Trenggalek bukan hanya sekadar rutinitas, melainkan ekspresi nyata dari semangat kebangsaan yang terus berkobar di hati para prajurit