Lomba Lari 10K Provinsi Papua Barat Daya Diikuti Oleh Ribuan Peserta Dari Berbagai Daerah

 

SORONG PBD , BUSERJATIM.COM GTUOP-(02/12/23) – Dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Korps Marinir dan HUT Ke-1 Provinsi Papua Barat Daya, Pasmar 3 yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya melaksanakan lomba lari 10K yang dilaksanakan di Alun-alun Aimas, Km. 19, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Jumat (01/12/2023).

Dalam lomba lari ini dilepas oleh Pj. Sekda Papua Barat Daya Ir. Edison Siagian didampingi oleh Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S.Sos., Kapoksahli Koarmada III Laksma TNI Ridwan Prawira, Dirpolairud Kota Sorong Kombespol Budy Utomo, S.IK., Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Doddy Yudha, S.I.P., M.Tr(Han), M.H.I dan Kadispora Papua Barat Daya Bapak Yusdi N Latamenggo. Pada lomba lari 10K ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori 10K Pria dan 10K Wanita serta diikuti oleh seluruh lapisan element masyarakat dari seluruh Provinsi Papua Barat Daya baik dari instansi TNI-Polri, komunitas lari, para mahasiswa dan masyarakat yang tinggal di wilayah Sorong Raya.

Adapun rute 10K ini titik start dimulai dari Alun-alun Aimas, menuju Tugu Merah- Jalan Pariwisata- Jalan Pasar Sore dan finish kembali di Alun-alun Aimas. Sementara itu, Pj. Sekda Papua Barat Daya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT Ke-1 Provinsi Papua Barat Daya sekaligus HUT Ke-78 Korps Marinir. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk melihat potensi para peserta lari yang nantinya akan dikirim pada event-event lari yang akan datang dengan membawa nama baik Provinsi Papua Barat Daya.

Komandan Pasmar 3 dalam sambutannya mengatakan, event lari 10K yang dilaksanakan ini merupakan kali pertama yang ada di Provinsi Papua Barat Daya setelah vakum akibat pandemi Covid-19. Harapannya, dengan event ini dapat memunculkan bibit-bibit atlet lari yang kelak berprestasi di ajang nasional maupun internasional nantinya. Sekaligus event ini kedepannya dapat diikuti oleh para pelari dari luar wilayah Papua bahkan hingga sampai dengan mancanegara.

Adapun juara 1 dalam lomba lari 10K ini diraih oleh Laode Saparudin prajurit Yonif 431/YPR Kostrad dengan catatan waktu 36 menit 53 detik, juara 2 disusul oleh Burhanudin dari Yonif 431/YPR Kostrad dengan waktu 37 menit 27 detik dan juara 3 diraih oleh Serda Mar Khaerul Hafid prajurit Pasmar 3 dengan catatan waktu 39 menit 35 detik. Sedangkan untuk kategori wanita juara 1 diraih oleh Frisina Mangrapau dari Manokwari, disusul oleh Ela Ode dan juara 3 diraih oleh Nining Malawar dari Poltek Kelautan dan Perikanan Sorong.

(Tim/Red)