Dukung Tugas Linmas, Babinsa Berikan Pelatihan PBB dan Materi Wawasan Kebangsaan.

Madiun – Untuk mendukung Satlinmas dalam melaksanakan tugas, Babinsa Desa Bedoho Koramil 04/Jiwan jajaran Kodim 0803/Madiun, Serka Kuwat bersama Bhabinkamtibmas memberikan pelatihan PBB dan materi wawasan kebangsaan kepada anggota Satlinmas Desa setempat, Sabtu (2/12/2023).

Babinsa Serka Kuwat mengatakan, satuan Linmas harus dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melakukan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Karenanya, pelatihan PBB sangat penting untuk dilakukan mengingat latihan PBB diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan yang disiplin.

“Hari ini kami memberikan materi kepada satlinmas diantaranya PBB dasar, wawasan kebangsaan, kecakapan khusus dan bela diri sederhana,” terangnya.

Lebih lanjut Babinsa menyampaikan, untuk meningkatkan pengetahuan, menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, disiplin, dan tanggung jawab kepada anggota Satlinmas, pihaknya secara berkala melaksanakan pelatihan PBB dan memberikan materi wawasan kebangsaan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pada anggota Satlinmas agar lebih siap dan punya wawasan dalam melaksanakan tugas,” jelasnya. Lebih dari itu, kami juga merangkul semua elemen masyarakat untuk ikut aktif dalam menjaga keamanan desanya sendiri dengan mengaktifkan Poskamling yang ada,” imbuhnya.

Babinsa berharap melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan kedisiplinan anggota Satlinmas, sehingga dalam kegiatan apapun di masyarakat dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

Karena menurutnya tugas Satlinmas ke depan semakin penuh dengan tantangan, dihadapkan dengan kondisi masyarakat saat ini, tugas linmas harus dilaksanakan dengan keikhlasan dan semangat pengabdian kepada masyarakat.

“Semoga melalui kegiatan ini, Satlinmas semakin aktif dalam perannya di masyarakat untuk menjaga keamanan di wilayah,” pungkasnya.