Sambut Hari Bhayangkara Ke-76, Polres Ngawi Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah Serentak

NGAWI,BUSERJATIM.COM- Dalam rangka hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022, Polres Ngawi melaksanakan kegiatan Bakti Kesehatan berupa Donor Darah di Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi.

Bakti Kesehatan Donor Darah Polres Ngawi ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut hari Bhayangkara ke 76 yang puncak acaranya dilaksanakan tanggal 1 Juli 2022 mendatang.

Dalam kegiatan donor darah ini Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya S.I.K., M.H. juga turut ambil bagian, diikuti juga oleh Wakapolres Ngawi, PJU Polres Ngawi, Kapolsek Jajaran, TNI, Bhayangkari, anggota Polres Polres Ngawi, Satpol PP Kabupaten Ngawi dan PWI wilayah Ngawi.

Ditemui dilokasi kegiatan PLT Kasihumas Polres Ngawi Iptu Supomo mengatakan, bahwa Polres Ngawi menyambut Hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022 ini dengan beberapa agenda kegiatan, dan salah satunya adalah Bakti Kesehatan Donor Darah yang kita laksanakan hari ini Selasa 7 Juni 2022 di Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi dimulai pukul 07.00 wib.

“Jadi kegiatan bakti kesehatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Ngawi dalam rangka hari Bhayangkara ke-76 yang puncaknya nanti dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2022,” sambung Iptu Supomo.

Iptu Supomo menambahkan, peserta Donor darah diikuti para PJU Polres Ngawi, Kapolsek Jajaran beserta 5 orang anggotanya, kemudian Ketua Bhayangkari Cabang Ngawi dan perwakilan pengurusnya, perwakilan dari Kodim 0805, Satpol PP Kabupaten Ngawi dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ngawi.

“Hari ini kami melaksanakan bakti kesehatan berupa donor darah diikuti personel Polri, TNI, ASN, Satpol PP dan pengurus (PWI) Kabupaten Ngawi,” kata Iptu Supomo, Selasa (7/6).

Iptu Supomo menyebut, tema peringatan hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022 adalah Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh.

Iptu Supomo menambahkan, panitia kegiatan donor darah ini adalah Kasatsamapta Polres Ngawi AKP Junianto Nugroho S.H., M.H. selaku Ketua Seksi Bakti Kesehatan didampingi Kasubagbinops Bagops AKP Agus Maryanto dan Ps. Kasidokkes AIPTU Joko Priyono.

Iptu Supomo melanjutkan, untuk kelancaran dan tehnis kegiatan Donor Darah, panitia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi, dalam kegiatan bakti kesehatan donor darah Polres Ngawi dapat menjangkau 250 orang, namun hanya 210 orang yang berhasil mendonorkan darah, sedangkan 40 orang ditunda karena alasan kesehatan.

“Terkait donor darah ini memang ada target untuk anggota sebanyak 200 orang, namun kita juga menerima pendonor dari eksternal seperti TNI, Satpol PP dan rekan rekan media,” jelas Iptu Supomo.

Sedang untuk tehnis Iptu Supomo menjelaskan, pelaksanaan donor darah tetap menerapkan prokes secara ketat, kemudian peserta diawali mendaftar, mengisi formulir, screening, pengambilan sampel darah, dan pengambilan darah.

Lebih lanjut, Supomo mengatakan donor darah yang dilakukan satuannya ini juga dalam rangka membantu ketersediaan stok darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Dia menyebutkan pihaknya akan menyerahkan hasil kegiatan donor darah ini kepada PMI.

“Jadi, ini dalam rangka bekerja sama dengan PMI yakni dalam rangka membantu PMI karena saat-saat ini kita sedang prihatin dengan adanya pandemi COVID-19. Jadi donor darah ini memang dibutuhkan untuk masyarakat yang membutuhkan jadi nanti akan kita sumbangkan ke PMI,” ungkap Iptu Supomo.