[t4b-ticker]

Rapat Sipandu Beradat Sinergitas TNI-Polri dengan Pecalang Dalam Jaga Keamanan Desa Adat

BALI,BUSERJATIM.COM

Polres Karangasem. KBO Sat Binmas Polres Karangasem Ipda Ida Bagus Nyoman Sudarwa, bersama Kanit Bintibsos Aiptu I Gede Ngurah Atmaja menghadiri undangan dari Desa Adat Ujung Hyang terkait Sipandu Beradat bertempat di Wantilan Desa Adat Ujung Hyang, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten Karangasem, Sabtu 03/12/22

Hadir dalam giat tersebut Bhabinkamtibmas Kelurahan Karangasem Bripka I Gede Artawan dan Bripka Ni Putu Prajnacita Astrayani, Bendesa Adat Ujung Hyang I Gusti Ngurah Pande, S. Pt., Prajuru Desa Adat Ujung Hyang, Kepala Lingkungan Ujung Desa Bali I Gusti Lanang Gotra, Kadus Ujung Tengah I Putu Suantara, Kadus Ujung pesisi Yatimin, Pecalang Desa Ada Ujung Hyang.

Pelaksanaan giat giat di buka oleh Bendesa Adat Ujung Hyang, selanjunya materi diisi oleh Narasumber KBO Binmas dan Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Karangasem.

Adapun materi yg disampaikan terkait Forum Sipandu Beradat yaitu Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat, dan Bankamda yaitu Bantuan Keamanan Desa Adat. Sipandu Beradat merupakan salah satu model kemitraan Polisi dengan masyarakat berbasis community policing, yang memiliki komponen antara lain Bankamda, Pecalang, Linmas, Satpam, dan komponen lainnya, termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai pembina ditingkat Desa Adat dan Desa.

“Sehingga Sipandu Beradat kami harapkan dapat mengatasi hal-hal yang sifatnya berkaitan dengan keamanan ketertiban masyarakat ditingkat Desa Adat. Jadi Kami di Polri memberikan ruang untuk menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan kearifan lokal. Karena Kita melihat, memandang, dan menilai bahwa penyelesaian masalah dengan kearifan lokal itu akan menjadi lebih baik. Kami pula meyakini bahwa penyelesaian secara preemtif dan preventif dengan menggunakan kearifan lokal ini kadang kala justru bisa menghasilkan yang baik, karena disepakati bersama oleh masyarakat Adat dan kemudian menjadi komitmen bersama, dengan mengutamakan penyelesaian permasalahan secara damai,” jelas KBO Sat Binmas Ipda Ida Bagus Nyoman Sudarwa.

Pengamanan terpadu yang ditopang oleh sumber daya manusia serta sarana prasarana yang memadai untuk menjaga keamanan daerah dan krama serta keamanan para wisatawan dalam upaya penguatan Desa Adat.

Diharapkan dalam wadah Sipandu Beradat sinergitas Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pecalang dalam pengamanan kegiatan upacara adat.(Tmr/Red)