Polsek Jogorogo Bersama Koramil Lakukan Pendampingan Vaksinasi Pencegahan PMK

NGAWI,BUSERJATIM.COM– Kepolisian Sektor (Polsek) Jogorogo bersama Koramil Jogorogo melakukan kegiatan pendampingan dan pengamanan pelaksanaan vaksinasi hewan sapi di Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi, Rabu, (29/6).

Kegiatan vaksinasi tersebut dihadiri oleh Kapolsek Jogorogo Iptu Nur Hidayat, S.H. didampingi Wakapolsek Jogorogo Iptu Bambang Edi W dan Bhabinkamtibmas desa jogorogo Aipda Edi S dan dihadiri pula Danramil Jogorogo Lettu Suyanto bersama Babinsa Serda Agus S, Sertu Mustofa, Serda Eko M dan Serka Supriyanto, berikut petugas dari Kecamatan Bambang, Kades Jogorogo Nur Ekawati didampingi Sekdes Joko Setiawan, Satgas Desa Jogorogo dan Erna Kusuma Dari Dinas BPP.

Ditemui di lokasi kegiatan, Kapolsek Jogorogo Iptu Nur Hidayat mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi atau pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak berkuku genap atau belah di Desa dan Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.

“Pada pagi ini mulai pukul 09.00 WIB, Bhabinkamtibmas Desa Jogorogo melaksanakan pendampingan dan pengamanan vaksin antisipasi penyakit PMK pada hewan Sapi di Desa Jogorogo,” ujar Iptu Nur Hidayat.

Lebih lanjut, Iptu Nur Hidayat menyebut, kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan oleh tim vaksinator dipimpin drh. Riani Anggun Mumpini bersama Bayi Suryono, Supriyadi dan Eny dengan penanggungjawab drh. Hardian Pramudito dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi.

Sementara itu, drh. Hardian Pramudito selaku penanggungjawab kegiatan menyebut, sebelum melakukan vaksinasi pihaknya menyampaikan pemahaman vaksin kepada pemilik hewan.

“Kita sampaikan kepada para peternak sapi tentang langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak, agar paham dan mengerti ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit PMK,” ucap drh. Hardian.

Selain itu menurutnya, dengan dilaksanakannya vaksinasi ini, pihaknya selaku petugas berharap para peternak mampu mengatasi gejala awal PMK dengan pendampingan dari petugas kesehatan hewan terdekat.

“Dalam kegiatan ini, kita berhasil melakukan vaksinasi PMK pada 91 ekor sapi menggunakan vaksin jenis Aftovor, dengan syarat sapi dalam kondisi sehat tidak terpapar PMK,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, baik pihak penyelenggara diwakili Kapolsek Jogorogo Iptu Nur Hidayat mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut tanpa ada paksaan sehingga selama kegiatan berlangsung dapat berjalan aman, lancar dan kondusif.