Peduli Keselamatan Pengguna Jalan, Polsek Padas Pengamanan di Pagi Hari

NGAWI,BUSERJATIM.COM – Kepolisian Sektor (Polsek) Padas Resor Ngawi berupaya mewujudkan situasi Kamtibmas diwilayah hukumnya dengan berbagai kegiatan kepolisian sesuai tugas pokoknya sebagai pelindung, pelayanan dan pengayom masyarakat.

Seperti yang dilakukan masyarakat dipagi hari mulai dari anak anak hingga orang tua untuk mulai beraktifitas menuju sekolah, tempat kerja dan tempat-tempat perbelanjaan baik berkendara maupun berjalan kaki, disinilah Polsek Padas hadir ditengah warganya untuk melakukan pengaturan lalu lintas di beberapa lokasi yang dinilai rawan terjadi kecelakaan.

Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Polsek Padas dengan menempatkan personilnya untuk melakukan pengaturan lalu lintas di depan SDN 2 Cangakan, SMPN 1 Kasreman, SMKN 1 Kasreman, SMPN 1 Padas dan Perempatan Jalan Cangakan Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, Rabu (20/7).

Ditemui ditempat tugasnya, Kapolsek Padas Iptu Iswahjoedi mengatakan, sebagai pengayom dan pelindung masyarakat Polsek Padas memiliki kewajiban mengelar personil di tempat-tempat rawan gangguan lalu lintas di setiap pagi hari saat jam-jam sibuk lalu lintas dimana banyak pengguna jalan sedang beraktifitas.

Iptu Iswahjoedi menjelaskan, ada beberapa titik yang dipetakan oleh Polsek Padas sebagai daerah rawan kecelakaan lalu lintas khususnya di jalan raya wilayah Kecamatan Padas antara lain SDN 2 Cangakan, SMPN 1 Kasreman, SMKN 1 Kasreman, SMPN 1 Padas dan Perempatan Jalan Cangakan.

“Kita lakukan giat pengaturan lalu lintas secara selektif dan prioritas dengan mempertimbangkan hasil pemetaan daerah rawan kecelakaan di wilayah Kecamatan Padas,” ujar Iptu Iswahjoedi.

Iptu Iswahjoedi menyebut, lokasi simpang empat Jalan Cangakan merupakan jalur padat dimana ketika pagi hari sangat ramai dilalui pengguna jalan, sementara SDN 2 Cangakan, SMPN 1 Kasreman, SMKN 1 Kasreman dan SMPN 1 Padas berada di pinggir di jalan Raya Ngawi – Caruban sehingga berpotensi terjadi gangguan lalu lintas.

“Untuk giat pengaturan pagi kali ini, kita menerjunkan beberapa personil dengan pola bertindaknya 1 orang ditengah jalan untuk menghentikan laju kendaraan, 1 orang menyeberangkan jalan anak sekolah, dan 1 orang mengawasi kegiatan dan memantau situasi,” imbuh Iptu Iswahjoedi.

Lebih lanjut, Iptu Iswahjoedi menerangkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Polsek Padas dalam menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dengan memberikan pelayanan dan perlindungan keselamatan bagi pengguna jalan raya pada saat jam jam sibuk arus lalu lintas.

“Kita selalu berupaya dengan tindakan turun ke jalan memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat guna pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), ini merupakan strategi kami meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas khususnya di wilayah hukum Polsek Padas,” sebut Iptu Iswahjoedi.

Dari kegiatan pengaturan pagi tersebut, Iptu Iswahjoedi berharap dapat terwujud pemantapan Kamseltibcarlantas pada momentum peningkatan arus lalu lintas di jalan raya sehingga diharapkan tidak terjadi peristiwa kecelakaan, kemacetan atau pelanggaran lalu lintas.

“Dengan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan disiplin warga masyarakat dalam berlalu lintas, serta menumbuhkan cara beretika lalu lintas dengan baik dan penuh konsentrasi sebagai pengguna jalan raya, sehingga diharapkan kejadian kecelakaan dapat diminimalisir,” pungkas Iptu Iswahjoedi.