Menjelang Peringatan HUT TNI ke – 77, Kodim 0806/Trenggalek Gelar Operasi Katarak Gratis

Trenggalek, Buserjatim.com – Menjelang peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022 bersamaan dengan HUT EDC Group Ke-9, Kodim 0806/Trenggalek menggelar bakti sosial (Baksos) operasi katarak dan Pterygium gratis yang di selenggarakan di tiga zona.

Pernyataan ini disampaikan, Dandim 0806/Trenggalek Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S.Sos. Saat membuka acara pemeriksaan katarak melalui Kasdim 0806/Trenggalek Mayor Arh Yanuar Sulistyo, di Aula Makodim 0806/Trenggalek, Rabu (21/09/2022).

Lebih lanjut Mayor Arh Yanuar Sulistiyo mengatakan, Kegiatan Baksos operasi katarak dan pterygium gratis dalam pelaksanaanya terbagi menjadi tiga zona wilayah.

“Zona 1 meliputi Kecamatan Trenggalek, Karangan, Pogalan, Tugu, Suruh dan Bendungan. Untuk pelaksanaan di zona satu yang melibatkan seluruh warga yang ada di enam kecamatan tersebut terpokus di Makodim 0806/Trenggalek pada hari ini, dimulai pukul 08,00 WIB sampai dengan selesai.

“Untuk zona II meliputi Kecamatan Gandusari, Kampak, Watulimo dan Durenan, sedang pelaksanaanya bertempat di Koramil 0806/06 Gandusari pada tanggal 28 September 2022 mendatang,” jelasnya.

Masih menurut Mayor Yanuar, untuk pelaksanaan operasi katarak gratis dalam rangka HUT TNI yang ke 77 pihak Kodim 0806/Trenggalek juga mempasilitasi bagi warga Kecamatan Panggul, Munjungan, Dongko dan Pule yang masuk wilayah Zona III pada hari Senin tanggal 03 Oktober 2022.

Sebagai himbauan untuk seluruh warga masyarakat Trenggalek tanpa terkecuali yang menginginkan operasi katarak gratis silahkan langsung datang ke lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Operasi ditangani langsung oleh dokter spesialis mata.

Sementara Dr. Akhidah Al Fadhilah specialis mata membenarkan bahwa hari ini dalam rangka HUT TNI ke 77 dan HUT EDC group mengadakan operasi katarak gratis.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahun kedua operasi katarak gratis antara EDC group kerjasama Kodim 0806/Trenggalek,” ungkap Dr. Fadhilah.

Untuk tahap awal hari dilakukan pemeriksaan skrining mata yang merupakan pemeriksaan awal yang dilakukan oleh para ahli mata dari EDC group. Untuk kreteria tidak ada batasan usia sekalipun katarak cenderung terjadi diusia 60 keatas.

“Namun demikian jika ada anak-anak yang melakukan pemeriksaan tetap kami layani,” tandasnya.