Jelang Hari Bhayangkara Ke-76, Pataka Polda Bali Disucikan di Pura Durga Kutri

BUSERJATIM.COM II BLAHBATUH-
Menjelang Hari Bhayangkara Ke-76 yang diperingati pada tanggal 1 Juli 2022 nanti, Polda Bali melaksanakan penyucian Pataka Sura Dwipa Sarvabhavena di Mandala Pura Durga Kutri Desa Buruan, Blahbatuh. Rabu, 22 Juni 2022.

Upacara penyucian yang dipimpin oleh Pemangku Pura Durga Kutri tersebut berlangsung dengan khidmat dan khusuk.Rangkaian upacara dimulai dengan penyambutan Pataka pada pagi hari dilanjutkan upacara penjamasan/penyucian serta persembahyangan bersama di uttamning utama Mandala Pura Durga Kutri.


Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si. didampingi oleh Waka Polda Bali Brigjen Pol  Drs. I Ketut Suardana, M.Si.,  Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H. dan sejumlah pejabat utama Polda Bali tampak hadir mengikuti jalannya kegiatan.

Dari tokoh masyarakat yang  hadir yakni Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh Gusti Ngurah Agung Kakarsana, SE, Anggota DPRD Kab. Gianyar Ni Made Ratnadi, SE, Perbekel Desa Buruan I Ketut Sumarda, Bandesa Adat Kutri I Wayan Jembong Rimbawan serta warga masyarakat setempat.

Sebagai informasi  Upacara Penyucian Pataka, yakni mencuci panji-panji Korps Bhayangkara. Upacara tersebut menjadi tradisi wajib sebelum peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara pada 1 Juli mendatang.

Upacara Pencucian Pataka Polda Bali merupakan upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata .Lokasi penyucian Pataka di Pura Bukit Dharma Durga Kutri yang dijadikan sebagai cagar budaya. Selain karena keindahannya, pura ini juga memiliki nilai historis yang juga menarik untuk diketahui.

Nilai historis tersebut tercermin pada peninggalan purbakala berupa arca kuno, struktur dari pura ini yang memiliki pola yang berundag – undag (teras berundag), dan batu-batu candi yang salah satunya berbentuk pintu. Oleh karena itu pura ini disebut-sebut  merupakan Padharman dari Ratu Gunapriyadharmapatni atau Mahendradatta. Tetap Selalu Menjaga Prokes 6 M. (Harun/Red-Humas)