Guna Meningkatkan Bela Negara, Siswa – Siswi Baru di SMA N 1 Magetan Mendapatkan Wasbang Dari Danramil

Guna Meningkatkan Bela Negara, Siswa - Siswi Baru di SMA N 1 Magetan Mendapatkan Wasbang Dari Danramil

Magetan.buserjatim.com – Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani memberikan WASBANG (Wawasan kebangsaan) kepada siswa siswi murid baru kelas 10 dalam rangka MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) tahun pelajaran 2022/2023 yang di ikuti sekitar 350 orang bertempat di SMA N 1 Magetan Kelurahan Magetan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.Rabu (20/07/2022)

Kegiatan WASBANG (Wawasan kebangsaan) oleh Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan Kapten Caj Jemani kepada siswa siswi murid baru kelas 10 dalam rangka MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) tahun pelajaran 2022/2023 di SMA N 1 Magetan dihadiri oleh Kepala sekolah SMA N 1 Magetan bapak Supardi SPD MPD,Komandan Ramil Tipe B 0804/01 Kapten Caj Jemani, Bati Wanwil Pelda Andhik R dan Kopda Muladi, Bapak ibu guru SMA N 1 Magetan,Siswa Siswi murid baru SMA N 1 MAGETAN.

Kegiatan diawali dengan sambutan kepala sekolah yang diwakilkan oleh Kepala sekolah SMA N 1 Magetan bapak Supardi SPD Mpd dalam sambutan diisampaikan ucapan terima kasih kepada pihak koramil atas kegiatan wawasan kebangsaan di sekolah.

Wawasan kebangsaan di sekolah SMA N 1 Magetan pemberian materi oleh Danramil disampaikan tentang pemahaman bela negara dan cinta tanah air pengertian cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam sanubari seorang warga negara untuk mengabdi dan memelihara membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan, sikap cinta tanah air seorang siswa siswi dapat di tunjukan dengan belajar tekun, berbakti kepada nusa bangsa serta orangtua dan guru. selain kegiatan teori wawasan kebangsaan dilanjutkan materi lapangan yaitu PBB untuk menanamkan kedisiplinan masing masing siswa/siswi.

Maksud dan tujuan Wasbang adalah memberikan motifasi sebagai generasi muda adalah generasi penerus perjuangan bangsa, oleh karena itu sangat perlu apabila dalam diri pribadi mereka ditanamkan nilai-nilai budaya bangsa yang telah diyakini kebenarannya, diterima, diikuti, dibela dan diperjuangkan selama ini. Nilai yang dimaksud adalah yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, yang meliputi nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Tanpa ada proses sosialisasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda, maka nilai-nilai luhur Pancasila tidak akan dikenalnya, bahkan akan diabaikannya. Bila hal ini dibiarkan, maka akibatnya dalam diri generasi muda terjadi kegelisahan, kegalauan dan kegoyahan karena tidak mantapnya kepribadian mereka.

Hal yang demikian ini sangat membahayakan keberadaan bangsa Indonesia, karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi konflik yang berkepanjangan yang akhirnya akan memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Melalui pendidikan Pancasila diharapkan nilai-nilai luhur Pancasila tersebut dapat tersosialisasi bahkan terinternalisasi dalam diri pribadi generasi muda, khususnya kepada siswa, dan dalam diri mereka akan tumbuh sikap demokratis serta analitis kritis dalam menghadapi segala permasalahan kehidupan dan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Dan hasilnya sangat antusias siswa baru SMA Negeri 1 Magetan untuk mendengarkan ceramah Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Danramil Tipe B 0804/01 Magetan, Disamping itu juga diadakan pemutaran film produksi Akmil untuk merangsang minat para siswa mendaftarkan diri menjadi seorang TNI. Pungkas Danramil (R 01)