Daerah  

Dampingi Arumi, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo Buka Penilaian Lapangan Lomba Desa

TULUNGAGUNG,BUSERJATIM.COM-Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mendampingi Ketua Tim PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin membuka penilaian lapangan lomba desa di Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Kamis (23/6/22).

Dalam penilaian itu, istri wakil Gubernur Jawa Timur tersebut menerima cinderamata berupa lukisan dirinya dari warga sekitar, serta disuguhkan Seni angklung dari anak PAUD Desa Kendalbulur.


Dalam penilaian itu, Arumi mengatakan bahwa desa Kendalbulur mempunyai konsep yang apik dalam lomba desa tingkat Provinsi ini.

“Kendalbulur ini mempunyai track record (rekam jejak) yang bagus, dan semoga menjadi juara (lomba desa),” jelas Arumi.

Penilaian kali ini beda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya lomba desa dan 10 program pokok PKK dipisah, tahun ini penilaian digabung menjadi 1. Menurut Arumi, inovasi Desa Kendalbulur cukup terintegrasi.

“Reintegrasi antara pelayanan desa dan masyarakat, kita lihat ada PAUD tak jauh dari Posyandu,” terangnya.

Menurutnya, Posyandu di Desa Kendalbulur sudah diatas rata-rata. Tentu hal ini menjadi nilai lebih untuk penilaian.

Menurut Arumi, dari 8 ribu lebih Desa di Jawa Timur, ada 6 Desa di 6 Kabupaten dan 4 Kelurahan di 4 kota yang sudah dinilai lapangan.

Disinggung penampilan angklung dari anak-anak PAUD, dengan antusias Arumi memujinya.

“Keren banget, 1 anak bisa pegang 2-3 angklung dan mereka hafal (bisa memainkannya), kalau saya waktu kecil enggak bisa,” ujarnya dengan antusias.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo optimis Desa Kendalbulur bisa menjadi juara lomba desa tingkat Provinsi. Apalagi persiapan untuk mengikuti lomba Desa ini sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari. Mulai dari pertanian, kesehatan, pendidikan dan pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Ya optimis, secara alam sudah mendukung,” ujar Maryoto sambil tersenyum.
Adelina