Tasyakuran Dan Ruwatan Dalam Rangka Bersih Desa Purisemanding.

JOMBANG, BUSERJATIM.COM– Tradisi bersih desa adalah ritual tradisional masyarakat yang populer di indonesia khususnya pulau jawa, Jombang adalah salah satu Kabupaten yang masih meneruskan tradisi ini, khususnya desa Purisemanding Kecamatan Plandaan.

Merangkum dari berbagai sumber bersih desa, sedekah desa, nyadranan atau sebutan lain masyarakat setempat merupakan wujud rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa setelah menerima hasil bumi yang melimpah dan tradisi ini sudah berlangsung turun temurun dari nenek moyang.


Melalui tradisi ini warga berharap agar di beri banyak limpahan rezeki dan di jauhkan dari segala mara bahaya, Bersih desa juga di lakukan untuk mempererat tali persaudaraan antar warga dan juga bertujuan meneruskan atau melestarikan uri- uri budaya jawa.

Acara ritual bersih desa tersebut di laksanakan di balai desa Purisemanding dan di hadiri oleh forkopimcam dan seluruh warga masyarakat desa Purisemanding, kamis (26/5/2022).

Kepala desa Purisemanding Nurbata dalam sambutannya mengatakan, mudah mudahan dengan diadakannya acara ritual bersih desa, semoga semua warga masyarakat desa Purisemanding di jauhkan dari segala bala’ dan segala macam penyakit, dan seluruh masyarakat di mudahkan dalam mencari rezeki dan yang paling penting di beri kesehatan, Pungkas Nurbata.

Pras