Daerah  

Pengukuhan dan Penetapan Tari jalak Lawu oleh pengurus Dewan Kesenian.

MAGETAN, BUSERJATIM.COM-Pengukuhan oleh Bupati Magetan Suprawoto itu, disaksikan langsung oleh perwakilan Dewan Kesenian Provinsi Jawa Timur Chrisman Hadi, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) Diana Amaliyah Verawatiningsih, Kepala Disparbud Magetan Joko Trihono, para seniman dan juga budayawan se-kabupaten Magetan di gedung Kesenian Tripandita Magetan.
Bupati Magetan Suprowoto mengatakan, dengan adanya pengurus Dewan Kesenian Magetan (Desima) yang baru saja dilantik, bisa lebih mendorong dan menjadikan Seni dan Budaya yang ada di Magetan bisa lebih maju lagi.

“Untuk pengurus Desima yang baru ini saya harapkan nanti bisa menjadikan pelopor kebuadayaan di Kabupaten Magetan sehingga menjadi yang terdepan dan bisa menjadi mitra pemerintah dalam memajukan dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Chrisman Hadi yang juga sebagai perwakilan dari Dewan Kesenian Jatim ikut menambahkan, bahwa dengan melalui budaya dan seni ini, bangsa Indonesia bisa menjadikan negara lebih unggul dari negara lain.

Hal itu juga berlaku di Kabupaten Magetan, bahwa dengan beraneka ragam seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Magetan seperti tari Jalak Lawu ini, bisa menjadi salah satu pendorong Kabupaten Magetan menjadi salah satu wilayah yang lebih maju.

“Untuk mengejar ketertinggalan industri, Indonesia ini masih jauh dan akan sangat susah mengejar. Satu-satu nya kita bisa mengejar dan mengungguli negara lain hanya lewat budaya. Karena Indonesia ini mempunyai jenis budaya yang beraneka ragam dan itu tidak dipunyai oleh negara lain, seperti salah satunya Tari Jalak Lawu ini tadi,” kata Chrisman Hadi, Selasa (2/8/2022).

Disisi lain, Joko Trihono Kepala Disparbud Magetan menambahkan, selain acara pengukuhan Dewan Kesenian Magetan (Desima), dalam kegiatan tersebut, juga bersamaan ditetapkanya gedung kesenian Tripandita Magetan dan juga penetapan Tari Jalak Lawu menjadi tari khas Kabupaten Magetan.

“Saya berharap kedepannya , seperti Tari Jalak Lawu ini bisa menjadi salah satu Tari Khas Magetan yang sangat di banggakan,” imbuhnya.

Sebagai informasi, untuk pengurus Dewan Kesenian Magetan (Desima) periode 2022-2027 yang sudah dilantik oleh Bupati Magetan adalah, Ketua Agung W.H.S, Wakil ketua Sartono, Sekretaris 1 Rudianto, Sekretaris 2 Muhammad Nur, Bendahara 1 Siska Hariati, Bendahara 2 Veri .C Nugroh(ipung agustina)