Mendekati Idhul Adha, Anggota Koramil 0803-01/Taman Pastikan Kesehatan Hewan Kurban.

Madiun – Jelang Hari raya Idhul Adha, Babinsa Koramil 0803-01/Taman melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban milik pedagang di Jl. Pasanggrahan 10 Kel. Mojorejo, Kec. Taman, KotaMadiun, Rabu (6/7/2022). Hal itu dilakukan untuk memastikan dan mengantisipasi adanya hewan kurban yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sertu Endik mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan serta sebagai langkah pengawasan terhadap penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan kurban.

“Kami turun langsung memantau kesehatan hewan kurban, tujuannya untuk memastikan dan mencegah adanya kemungkinan adanya hewan yang terjangkit virus PMK, menjelang Hari Raya Idhul Adha,” katanya.

Terpisah Danramil 0803-01/Taman Kapten Inf Sutomo, mengimbau kepada pedagang hewan kurban maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya untuk mengantisipasi virus PMK.

“Kepada seluruh penjual hewan kurban agar tetap menjaga kebersihan kandang untuk mengantisipasi virus PMK,” ujarnya.

Dandim juga berharap agar kesehatan dan pakn hewan kurban tetap dipahatikan, serta melaporkan kepada petugas, jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan.