[t4b-ticker]

MASYARAKAT GRESIK BERDIRI SIKAP SEMPURNA MEMPERINGATI DETIK DETIK PROKLAMASI.

GRESIK,BUSERJATIM.COM-
Peringatan detik-detik Proklamasi HUT Ke-76 Kemerdekaan Ri, dirasakan seluruh masyarakat Kabupaten Gresik yang sedang berada di sekitaran Simpang lima traffic light Kecamatan Kota Kabupaten Gresik. Selasa(17/8/2021).

Nampak antusiasme masyarakat sangat kuat untuk ikut memperingati detik-detik proklamasi, para pengendara motor turun dari motornya, para pedagang dan masyarakat yang melintas sontak menghentikan aktivitasnya dan berdiri melakukan sikap sempurna, selama 30 detik berjalan, tepat pukul 11.17 WITA, sirine tanda detik proklamasi berbunyi dan lagu Indonesia Raya pun berkumandang selama 3 menit.

Ketika lagu Indonesia raya dikumandangkan terdengar Instruksi dari Personil Babinsa Koramil 0817/05 Kota, Serda Muhadi untuk melakukan penghormatan, semua masyarakat langsung mengangkat tangan untuk memberikan penghormatan kepada Bendera merah putih yang berkibar di tengah Simpang lima traffic light. Suasana khidmat begitu terasa dan berlangsung sekitar lima sampai 10 menit.

Danramil 0817/05 Kota, Kapten Inf Mashudi menyatakan apresiasinya kepada masyarakat yang sangat antusias dengan adanya kegiatan detik-detik proklamasi, rasa nasionalisme sangat kental terasa.

“Saya sendiri yang ada di tengah lokasi merasakan perasaan yang sangat bangga bisa ikut dalam memperingati detik-detik proklamasi, dan salutnya semua masyarakat yang ada di lokasi simpang lima tanpa ada instruksi langsung menghentikan aktifitasnya dan berdiri mengambil sikap sempurna.luar biasa.”tutur Danramil.

Tidak hanya Danramil, Ibu Mardiana seorang ibu rumah tangga yang kebetulan melintasi simpang lima ketika mengetahui ada peringatan detik-detik proklamasi dirinyapun ikut turun dari motornya dan mengambil sikap sempurna sembari melakukan penghormatan ketika lagu Indonesia raya berkumandang

“Saya merinding setiap mendengarkan lagu Indonesia raya berkumandang, dan kegiatan peringatan detik-detik proklamasi seperti ini saya rasa sangat baik sehingga bisa mengajarkan kepada masyarakat untuk tetap ingat kepada sejarah, dan menjadikan kita sebagai bangsa dan Negara Indonesia bisa lebih menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mecapai kemerdekaan republik Indonesia, saya salut kepada para petugas dari TNI dan Polri yang mempersiapkan kegiatan ini.”ucap mardiana.

(Sumber: Penerangan / ylt