[t4b-ticker]

Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Kota Batu, Kadisparta Arief: Melalui Even Motorcross & Grasstrack

BUSERJATIM.COM_MALANG – Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Batu, Dinas Pariwisata (Disparta) Pemerintah Kota Batu akan menggelar KWB Motorcross & Grasstrack Championship 2023, yang rencananya akan digelar di Kota Batu pada 20 hingga 21 Mei 2023 mendatang.

Kegiatan acara Even Otomotif bergengsi berskala nasional itu rencananya akan diselenggarakan di Sirkuit O3, yang berada di lereng Gunung Panderman, atau lebih tepatnya Jalibar (Jalur Lingkar Barat) Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Drs. Arief As Siddiq, M.H menjelaskan, bahwa dengan digelarnya KWB Motorcross & Grasstrack Championship 2023, dirinya optimis dan yakin akan menambah jumlah tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Batu.

“Ya, karena dengan digelarnya even ini maka secara otomatis bisa menjadi sarana untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kota Batu. Kami sangat yakin dan optimis akan menambah jumlah tingkat kunjungan wisatawan yang datang nantinya,” terang dia kepada awak media, Jumat (20/1/2023).

Mantan Lurah Sisir ini mengungkapkan, jika nantinya dalam pagelaran sirkuit di Jalibar Kota Batu itu, banyak menawarkan kejutan.

“Karena di tunjang dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan alam yang indah,” ungkapnya.

Menurutnya, Kota Batu memiliki potensi olahraga petualangan yang luar biasa.

“Hari ini, Disparta bersama Pemdes Oro-Oro Ombo dan Ikatan Motor Indonesia (lMI), melaunching even luar biasa yang diadakan terbuka dengan tingkat skala nasional,” papar Arief.

Pihaknya juga optimis sekali, jika even tersebut nantinya akan memberikan kontribusi untuk pariwisata di Kota Batu, melalui destinasi wisata petualangan otomotif.

“Nantinya ada 20 kelas yang dilombakan dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah,” urai Arief.

Pihaknya juga menyebut, jika Kota Batu memiliki Sirkuit O3, sebuah sirkuit yang berada di daerah tinggi, dengan ketinggian mencapai 1000 meter dpl, ditunjang udara yang sejuk, pemandangan indah serta fasilitas pendukung sarana prasarana pariwisata yang lengkap.

“Sudah menjadi komitmen dari Disparta Kota Batu, bahwa even ini akan dilaksanakan setiap tahun dan masuk agenda kalender wisata ditambah beberapa even pendamping lainnya,” urai Arief.

Pria asli kelahiran Kota Batu ini juga mengatakan, jika di Kota Batu memiliki banyak even otomotif yang diminati oleh para penggemar otomotif berskala internasional.

“Tentunya melalui even ini, Disparta akan mengkolaborasikan semua potensi pariwisata yang ada di Kota Batu, sehingga terbangun sistem kerjasama yang bisa menggeliatkan perekonomian pariwisata yang ada Kota Batu,” pungkas dia.

Sebagai informasi, even tersebut rencananya akan diikuti oleh para rider professional maupun rider lokal, sekaligus menjadi even pembibitan bagi calon pembalap yang berprestasi.

Kelas yang dilombakan beragam, yakni mulai dari MX 50 CC, MX 65 CC, MX 85 CC, MX Junior A 125, MX 2, MX 1, MX 65 CC Novice, MX Yunior B, Executive A.

Selain itu, juga ada Executive B, Executife C, BBK STD Jatim, Sport 4T Open, BBK Modif Open, FFA Open, FFA Lokal Batu, FFA Kandang Bajon, BBK STD Kandang Bajon, Vespa FFA dan OMR Honda Win.

Tak hanya itu, para peserta even bergengsi ini nantinya juga diikuti anak usia 8 tahun hingga orang dewasa, seperti MX 50 CC yang diikuti anak usia 8 tahun hingga 12 tahun, kelas utamanya MX 1. Tetap Selalu Menjaga Prokes 6 M.
(Humas-red)