Desersi Selama tiga bulan Letkol AS ditangkap tim gabungan Pupom TNI di Perumahan Getasan

Kabupaten Semarang – BUSERJATIM.COM –

Seorang perwira menengah TNI AL, Letkol AS ditangkap tim gabungan Pupom TNI di Perumahan Getasan Indah Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Selasa (7/6/2022) sekira pukul 15.00 WIB.

Direktur Pembinaan Penegakan Hukum (Dirbin Gakkum) Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI Kolonel Khoirul Fuad mengatakan Letkol AS ditangkap karena yang bersangkutan desersi selama tiga bulan. “Letkol AS diketahui tidak masuk kerja sejak tiga bulan lalu, mulai 9 April 2022. Itu yang pertama, untuk kasus yang lain masih didalami, info awal ada masalah keluarga,” jelasnya.

Fuad mengatakan AS bertugas di Mabes TNI AL Denma cawak kapal. “Dia di bagian pembuatan kapal, untuk pelanggaran lain akan dilakukan pemeriksaan,” terangnya.

Di dalam rumah tersebut, AS bersama seorang wanita, anak kecil, dan pria lain. Selain itu, ada Honda Brio putih AA 1627 MH. “Tapi plat nomor mobil tersebut diduga palsu, nanti petugas akan memeriksa soal mobil tersebut,” kata Fuad.

Menurut Fuad, AS baru sekali ini desersi. “Kalau masih bisa dibina ya bisa kembali dinas, tapi kalau ada pelanggaran lain bisa dikenakan hukuman maksimal kurungan dua tahun delapan bulan. Dikenakan Pasal 87,” terangnya.

Fuad mengungkapkan sebelum pelarian AS berakhir di Kabupaten Semarang, dia berpindah-pindah tempat. Termasuk ke Jepara. “Nanti untuk pemeriksaan dilakukan peradilan militer AL di Pomal sesuai locus-nya, lalu dilimpahkan ke Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya,” paparnya.

Dikatakan, Bingakkum Mabes TNI akan terus memburu dan membina anggota TNI yang melakukan pelanggaran disiplin. “Ini yang desersi dan melalaikan tugas akan dibina untuk kembali baik dan bertugas,” kata Fuad.

Red/**