Dandim 0801/Pacitan Bersama Unsur Forkopda Hadiri peringatan HUT Bhayangkara ke-76

Pacitan BUSERJATIM.COM- Dalam Puncak peringatan HUT  Bhayangkara ke-76, Polri menggelar upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo dan didampingi oleh ibu Iriana, bertempat di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah. 

Upacara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting tinggi negara, serta diikuti oleh TNI, Polri, ASN dan organisasi kepemudaan. 

Upacara HUT Bhayangkara ke-76 tahun ini mengusung tema “Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav. Ibnu Khazim S.I.P., M.Si, bersama unsur forkopimda menghadiri upacara secara virtual dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 di lapangan Mapolres Jl. A.Yani, No. 60, Kel. Pacitan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Selasa (05/07/2022). 

Upacara tersebut dilakukan secara virtual, dipimpin oleh Kapolres Kab. Pacitan  AKBP Wiwit Ari Wibisono, SH., SIK., M.H yang diikuti oleh pasukan upacara dari TNI, Polri, ASN, Satpol PP dan Forkopimda Kab. Pacitan.

Dalam sambutannya Presiden Ir Joko Widodo menyampaikan Atas nama bangsa Indonesia memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Polri dalam melayani masyarakat Indonesia. 

Presiden Ir Joko Widodo juga berpesan agar segala tindakan jangan ceroboh untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada Polri. 

Guna menghadapi tugas Polri yang semakin kompleks kelembagaan Polri harus  inovasi, adaptif, responsif, menjadi institusi modern bersinergi dengan TNI dan kementrian dan lembaga dalam menjalankan tugas. 

Beliau juga mengingatkan bahwa, “tugas Polri semakin kedepan semakin berat. Banyak agenda nasional yang harus di dukung, pembangunan ibu kota negara baru, agenda G-20 yang sedang berlangsung dan KTT G-20 di bulan November di Bali yang akan dihadiri oleh para Kepala Negara anggota G-20”, ungkap Presiden. 

“Dan puncaknya lagi Pilek, Pilpres dan Pilkada serentak tahun 2024 harus diantisipasi dengan baik, serta berikan dukungan Kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini berjalan dengan baik”, jelas Presiden. 

“Untuk itu Polri harus memastikan Kamtibmas secara maksimal agar kokoh dalam menghadapi tantangan.Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia, teruslah menjadi Rastra Sewa Kotama abdi utama nusa dan bangsa, selamat bertugas.”, pungkas  Presiden. 

Saat ditemui awak media usai upacara Dandim menyampaikan bahwa, selamat HUT Bhayangkara ke-76, semoga Polri semakin profesional, modern, dan terpercaya dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

“Tetap tingkatkan sinergitas yang baik antara TNI dan Polri”, Tegas Dandim.

Setelah usai upacara Kapolres Pacitan AKP Wiwit Ari Wibisono juga menyampaikan kepada awak media bahwa Rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh masyarakat, Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga Kamtibmas, lakukan tindakan dengan humanis namun tegas.

“Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia”, tutur Kapolres.