[t4b-ticker]

Dandim 0801 Pacitan, Babinsa Harus Aktif Dalam Pendampingan Pemindahan Isoman ke Isoter.


PACITAN-BUSERJATIM,COM
– Sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat untuk pengurangan risiko kematian, pasien Covid-19 isolasi mandiri (isoman) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dialihkan kepada isolasi terpusat, yaitu Wisma Atlet.

Dandim 0801 Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., M.Si mengatakan, upayanya merawat pasien Covid-19 terpusat merupakan langkah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau berdasar pengalaman, pasien isoman memiliki tingkat kefatalan tinggi. Bahkan, beberapa diantaranya sampai meninggal dunia,” katanya usai pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka pemindahan warga yang menjalani isoman ke isoter di halaman Pendopo Kabupaten, Rabu (18/08/2021).

Dirinya menilai, dengan cara isoter lebih bisa memaksimalkan perawatan. “Dengan memindahkan pasien yang menjalani isoman ke isoter perawatannya tentu lebih maksimal,” imbuhnya.

Dandim 0801 Pacitan, menegaskan dalam menjalankan kebijakan tersebut petugas lapangan agar bertindak persuasif dan humanis

“Terpenting, dalam situasi pandemi seperti saat ini untuk mempertimbangkan psikologi masyarakat,” tegasnya.

“Kebijakan ini sangat bagus, jadi petugas lebih efektif dan efisien dalam memantau serta merawat pasien terutama yang bergejala,” terangnya

Sebagai informasi, guna memaksimalkan perawatan untuk mengurangi risiko kematian akibat Covid-19, Pemkab Pacitan menyediakan Wisma Atlet sebagai tempat isolasi terpusat dengan kapasitas 168 pasien isoman. Pemerintah juga mewacanakan memanfaatkan Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan untuk tempat isoter seandainya daya tampung Wisma Atlet penuh.(Penrem/Ylt )