Daerah  

Bimtek Dinas Pertanian Jombang Tentang Pembuatan Pupuk Bokashi Pada Gapoktan.

JOMBANG, BUSERJATIM.COM-– Bertempat di Aula Gedung Universitas Wahab Hasbullah (UNWAHA).
Dinas Pertanian Jombang menyelenggarakan penyuluhan atau bimbingan teknis (BIMTEK) cara pembuatan pupuk bokashi, pupuk yang terbuat dari kotoran hewan dan daun, Senin (23/5/2022). Pupuk diproduksi sendiri oleh masing masing Gapoktan tiap tiap desa, dan disalurkan ke beberapa petani dengan harga Rp 2000,- /Kg.

Dengan adanya pupuk bokashi ini sangat membantu petani, dikala harga pupuk bersubsidi harganya naik dan langka. Adapun pupuk bokashi sendiri terbuat dari: pupuk kandang, jerami padi cacah, sekam bakar, bekatul, kultur bakteri perintis, kultur Trichoderma, kultur Mikroriza.


Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam program Jombang berkadang sendiri telah mewajibkan tiap tiap desa untuk mengalokasikan Dana Desa sekian persen untuk dikelola Bumdes atau Gapoktan guna untuk membeli pupuk bokashi dan dibagikan pada petani, disamping untuk pemenuhan kebutuhan pupuk juga untuk tambahan penghasilan produsen bokashi, Ujar Ir Much Rony MM Kepala Dinas Pertanian Jombang.

Sementara itu Rudi, kepala UPT Penyuluhan Dinas Pertanian Jombang menambahkan kalau di Kabupaten Jombang itu unsur tanah atau kesuburan tanahnya mulai kurus, sehingga dibutuhkan pupuk bokashi disamping juga tetap menggunakan pupuk bersubsidi pemerintah. Pupuk bokashi sendiri harus yang mengandung unsur Trichoderma dan Mikroriza, karena unsur tersebut yang cepat diserap oleh akar tanaman, sehingga tanaman akan tumbuh maksimal, untuk pembuatan pupuk bokashi sendiri sudah sejak lama kira kira tahun 2006, namun 2 tahun ini baru disahkan oleh pemerintah, dan dengan adanya bimbingan teknis yang menggandeng beberapa universitas yang ada di Kabupaten Jombang (karena masalah pertanian harus bekerjasama dari unsur manapun), diharapkan agar produksi semakin meningakat dan bisa memenuhi kebutuhan pupuk di lain daerah. Ucap Rudi.

Masih Rudi, pupuk bokashi memiliki segudang manfaat bagi tanaman, manfaat tersebut datang dari banyaknya jumlah mikroorganisme yang terkandung di dalamnya. Mikroorganisme tersebut berperan sebagai dekomposer yang efektif bagi bahan organik di dalam tanah sehingga jumlah unsur hara pun melimpah. Pupuk bokashi adalah pupuk organik yang di hasilkan dari fermentase bahan bahan organik semisal kompos dan pupuk kandang dengan memanfaatkan bantuan mikroorganisme pengurai seperti mikroba atau jamur fermentase. Pungkasnya

Pras