Babinsa Desa Penjor Dampingi Petugas Disnakkeswan Laksanakan Vaksinasi PMK

Tulungagung – Babinsa Desa Penjor Koptu Hadi Suprayogi dan anggota Koramil Tipe B 0807/15 Pagerwojo bersama anggota Polsek Pagerwojo, staf kecamatan dan perangkat desa melaksanakan Pendampingan dan Pengamanan Pelaksanaan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulungagung di Desa Penjor Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Selasa (28/06/2022).

Pada tahap pertama, ada 40.000 dosis dan Disnakkeswan Tulungagung fokus untuk Kecamatan Sendang dan Kecamatan Pagerwojo. Pagi ini disiapkan 7 vial vaksin Penyakit Mulut dan Kuku jenis Aftopor untuk 785 ekor sapi di Desa Penjor. Vaksin PMK ini rencananya akan diberikan dua kali dosis, dengan jarak 1 bulan. Ketersediaan vaksin PMK sepenuhnya tergantung pada kiriman dari Pemerintah Pusat.

Seperti diketahui, Kecamatan Pagerwojo dan Kecamatan Sendang diprioritaskan untuk mendapat vaksin PMK karena di dua daerah tersebut merupakan tempat populasi ternak sapi perah. Prioritas utama pemberian vaksinasi terhadap sapi perah karena sapi perah cenderung lebih lama di kandang dibandingkan sapi potong. Produksi susu dari kedua daerah tersebut sangat terpengaruh akibat kasus PMK.