Ada Potensi Hujan Ringan, Tapi Cuaca Masih Kondusif untuk Perlombaan Aquabike Jetski

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan menyatakan ada potensi hujan ringan di wilayah penyelenggaraan Aquabike Jetski World Champions 2023. Meski demikian, kondisi cuaca masih terbilang kondusif untuk diselenggarakannya kejuaran dunia tersebut.

Adapun penyelenggaraan Aquabike Jetski World Champions 2023 diadakan di empat kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Devi Mandoza mengatakan BBMKG Wilayah 1 Medan telah mengeluarkan informasi cuaca untuk wilayah Karo, Dairi, Pangururan, dan Balige.

“Untuk saat ini Kamis (23/11/2023) kondisi cuaca di wilayah Pangururan, Kabupaten Samosir dan di wilayah Dairi saat ini dalam kondisi berawan,” kata Defri kepada InfoPublik di Samosir, Kamis (23/11/2023).

Defri menambahkan, sore hari nanti, pukul 17.00 WIB hingga malam hari diperkiran ada potensi hujan ringan di kedua wilayah yakni Pangururan dan Dairi.

Demikian untuk esok hari, Jumat (24/11/2023) di wilayah Pangururan dan Dairi kondisi cuaca diperkirakan masih berawan dan potensi hujan ringan diperkirakan terjadi pada sore hingga malam hari.

“Mudah-mudahan dengan kondisi cuaca ini, perlombaan atau kegiatan Aquabike Jetski World Champions 2023 bisa berjalan dengan lancar,” ujar Defri.

Defri menuturkan, untuk kecepatan angin, diperkirakan kecepatan angin cenderung masih normal. Di Pangururan kecepatan angin hingga sore hari diperkirakan maksimal 3,2 km/jam. Sedangkan di Dairi kecepatan angin hingga sore hari diperkirakan maksimal 6,7 km/jam.

Untuk tinggi gelombang, lanjut Defri, tinggi gelombang di wilayah Pangururan dan Dairi diprediksi masih normal, yakni diperkirakan mencapai 0,5 meter.

“Dengan demikian, secara umum, meskipun kondisi cuaca berawan tapi masih sangat kondusif untuk dilangsungkannya perlombaan,” pungkas Defri.

InfoPublik