Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Dalam Rangka Memperingati 1 Muharram, Bersih Desa,Hut Pekon Sumber Rejo Ke-12

 

PRINGSEWU| BUSERJATIM .COM GROUP

Bacaan Lainnya

Pemerintah pekon Sumber Rejo menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan cerita atau lakon ” Wahyu Ketentraman yang dibawakan oleh Ki Dalang Kecuk Susilo”, dalam memperingati 1 Suro 2024 atau 1 Muharram 1446 H bertempat di halaman balai Pekon Sumber Rejo Pagelaran . Minggu(28/7/2024).

kepala pekon sumber rejo Firli saat ditemui awak media mengatakan , acara seperti ini saya apresiasikan karena kalangan khususnya masayrakat jawa masih mengenal bulan bulan sakral dan sering diadakan sebagai momentum untuk pelaksanaan upacara adat jawa, dan sebagai tradisi setiap tahunnya yang dilakukan pada bulan suro atau tradisi suran yakni bersih desa.

Ungkapan dan puji syukur masayrakat terkhusus pekon Sumber Rejo kepada yang maha kuasa atas segala keberkahan dan kemakmuran tercurahkan di pekon kami, sehingganya
Pelaksanaan upacara tradisional ini sangat penting dalam upaya bersama untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa.
Untuk itulah , kiranya perlu dukungan yang optimal, selain dari kelompok pelaku , juga dari berbagai pihak agar kegiatan bersih desa/suran dapat dilestarikan sekaligus dapat di kembangkan sesuai dengan sikap hidup dan pandangan pada budaya jawa,karena Bersih desa/Suran di kalangan masayrakat jawa masih banyak yang memperingati dengan pertujuan wayang kulit, dengan mengambil cerita yang berkaitan dengan momentum bulan suro ” Ucapnya.

Agenda bersih desa tahunan ini di hadiri oleh Bacabup Adi Erlansyah,
Dinas PMP Pringsewu, Pepadi pringsewu, Dinas Kemendikbud pringsewu,Camat pagelaran,Kapolsek pagelaran,Kepala pekon sekecamatan pagelaran,kepala pekon sekecamatan ambarawa,Para sesepuh,Tokoh Agama,Dan seluruh mantan kakon pekon sumber rejo, serta seluruh masayrakat pekon sumberjo.

Rangkaian acara bersih desa/suran pekon sumber rejo dilaksanakan mulai Minggu pagi pukul 8:00 dengan kenduri bersih desa dan tausiah, serta malam hari pukul 20:00 di lanjutkan Perform paguyuban jangkar bumi dan di akhir acara ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *