Ketua DPK APDESI Kecamatan Kiarapedes Gelar Tasyakuran Walimatussafar

BUSERJATIM//PURWAKARTA -Ketua DPK APDESI kecamatan kiarapedes ENCE ROSIDIN, gelar tasyakuran Walimatussafar haji yang digelar dirumah barunya yang tidak jauh dari kantor desanya Minggu 12 Mei 2024

Walimatussafar merupakan tradisi yang dilaksanakan ketika seseorang hendak berangkat haji. acara walimatussafar haji yang bisa dijadikan referensi.
Walimatussafar haji adalah acara tasyakuran sebelum berangkat haji atau dikenal juga dengan tasyakuran keberangkatan haji. Orang yang hendak menunaikan haji akan meminta dan memberi maaf dengan orang-orang terdekat.

Walimatussafar merupakan gabungan dua kata, walimah yang artinya jamuan atau pesta dan safar yang berarti perjalanan. Dengan demikian kata walimatussafar berarti jamuan atau pesta bagi orang yang hendak melakukan perjalanan jauh.

Walimah dalam hadits-hadits memang identik dengan resepsi pernikahan. Namun, sejatinya walimah memiliki banyak bentuk, seperti walimah khitan, khatam belajar Al-Qur’an, dan lainnya.

Walimatussafar dimaksudkan untuk mengundang sanak saudara, kerabat, dan tetangga untuk hadir dalam acara pamitan calon jemaah untuk menunaikan ibadah haji. Biasanya, di samping kalimat pamit, mohon maaf, mohon doa, juga diisi dengan ceramah atau tausiyah yang berhubungan dengan ibadah haji.

Ketua DPK APDESI kecamatan kiarapedes ENCE ROSIDIN dalam sambutannya mengatakan Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina man yahdillahu falaa mudhillalahu waman yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammdan ‘abduhuu warosuluh.

Dan tidak lupa ENCE, menyapa para tamu yang hadir, yang kami hormati para tokoh masyarakat, para sesepuh, dan juga bapak ketua RT dari bawahan sampai sekdes serta pak sekda pak Anwar Sadat ketum DPP APDESI dan Babinsa babinkamtibmas dari muspika kecamatan kiarapedes yang telah Nampak hadir pak camat serta para kades yang ada di kecamatan kiarapedes maupun diluar kecamatan kiarapedes khususnya yang ada dikabupaten purwakarta yang telah hadir pada hari ini.ucap Calon haji Ence Rosidin

Hadirin, izinkan saya berdiri di sini untuk mewakili istri saya yang insya Allah akan menunaikan ibadah haji, untuk menyampaikan beberapa patah kata.

Yang pertama, beserta istri mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran bapak dan ibu dalam acara walimatussafar ini.

Yang kedua, pada kesempatan kali ini Bapak ibu memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah diperbuat selama ini, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja”tutup Calon haji Ence Rosidin

Sambut yang kedua dilaksanakan oleh Ketum DPP APDESI A, ANAWR SADAT S.H, dalam sambutannya,yang kami hormati, shohibul hajah yaitu bapak calon haji Ence Rosidin dan istrinya serta hadirin tamu undangan yang berbahagia.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul diacara tasyakuran walimatussafar haji yang insya Allah penuh keberkahan ini pada acara walimatussafar di kediaman bapak ketua DPK APDESI kecamatan kiarapedes kabupaten purwakarta dan keluarga.

Semoga acara kita pada kesempatan kali ini dapat dicatat sebagai amal ibadah disisi Allah SWT. Amin, Allahumma Amin.

Sholawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW, manusia pilihan yang syafaatnya kita nantikan di akhirat nanti. Allahumma Amin pungkasnya Ketum DPP APDESI

Dan tidak lupa ucapan dari almukarom ustad A . DADANG tokoh agama didesa Margaluyu menyampaikan, apabila Bapak kades beserta istri masih memiliki tanggungan berupa utang atau apa pun yang mungkin terlupa belum membayarnya, kiranya Bapak Ibu berkenan untuk segera menghubungi Bapak kades beserta istri agar dapat segera diselesaikan sebelum beliau berangkat ke Tanah Suci.

Yang ketiga tentunya dalam acara ini Bapak kades dan istri menyampaikan maksud tidak lain untuk memohon doa restu dari bapak dan ibu.

Semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan kelancaran dalam segala urusan selama menunaikan ibadah haji serta dapat menunaikan ibadah haji dengan penuh kekhusyukan hingga akhirnya dapat pulang ke rumah dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. Amin Allahumma Amin.

Tutur, Ustad A, DADANG mewakili Calon haji bapak Ence Rosidin yang terakhir, Bapak Ence Rosidin beserta istri memohon maaf yang setulus-tulusnya apabila di dalam menyiapkan acara walimatussafar ini baik dari penyambutan, penyediaan tempat, maupun hidangan, terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati bapak ibu, mohon kiranya dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya.

Bapak dan Ibu, demikian yang dapat saya sampaikan mewakili tuan rumah dan keluarga. Kurang lebih mohon maaf, saya akhiri wallahul muwaffiq Ila aqwamit thoriq wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” Tutup Ustad A. Dadang,

(ifulcengek/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *