Menlu AS Antony Blinken Bakal Kunjungi China

MATAMAJA GROUP//Jakarta – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dilaporkan akan mengunjungi China dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat AS yang identitasnya dirahasiakan.

 

Bacaan Lainnya

“Menlu Blinken akan mengunjungi China untuk melakukan pembicaraan dalam beberapa minggu mendatang,” kata seorang pejabat AS dikutip dari Reuters, Rabu (7/6).

 

Sementara Kementerian Luar Negeri AS belum bisa memberikan banyak tanggapan terhadap isu ini. Termasuk kapan Blinken bakal terbang ke China.

 

“Kami tidak memiliki perjalanan untuk diumumkan oleh Sekretaris; seperti yang telah kami katakan sebelumnya, kunjungan ke Republik Rakyat China akan dijadwalkan ulang ketika kondisi memungkinkan,” kata Wakil Juru bicara Kemlu AS Vedant Patel.

 

Meski begitu, pejabat tinggi dari Departemen Luar Negeri AS untuk Asia Timur, Daniel Kritenbrink, sudah berada di Beijing. Ketika disinggung rencana kunjungan Blinken, Kritenbrink, menjawab diplomatis.

 

“Kita lihat saja. Amerika Serikat bekerja keras untuk mengelola hubungan dengan China,” ucap Kritenbrink.

 

Kritenbrink berada di Beijing sejak 4 Juni atau bertepatan dengan peringatan 34 tahun penumpasan Tiananmen 1989 oleh pasukan China.

 

Pemerintahan Biden saat ini terus berupaya memperbaiki hubungan dengan China. Hubungan AS dan China belakangan memburuk akibat berbagai masalah. Mulai dari konflik di Taiwan hingga aktivitas militer di Laut China Selatan.

 

Ket. Foto:

Konferensi pers Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Hotel Ritz Carlton Nusa Dua, Bali (9/7/2022). Foto: Aliyya Bunga/kumparan

 

Sumber: kumparan.com

 

Artikel ini tayang di jaringan media Matamaja Group

 

https://matamaja.com/

https://ppnews.id/

https://otoritas.id/

https://buser.id/

https://buser.co.id/

https://buser.web.id/

https://buserjatim.com/

https://buserjabar.com/

https://intelejen.id/

https://gardapublik.com/

https://gardahukum.com/

https://libaz.id/

https://tnipolri.com/

https://libaz.id/

https://ainews.id/

https://lacakberita.com/

https://awasjatim.com/

https://beritamadiun.id/

https://suaramajalengka.com/

https://realistis.id/

https://gmbinews.com/

https://newscobra07.com/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *