Fakta-fakta Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak di Lampung

MATAMAJA GROUP// Bandarlampung – Presiden Jokowi mengambil alih perbaikan jalan rusak melalui Kementerian PUPR usai meninjau sejumlah ruas jalan di Lampung yang rusak pada Jumat (5/5). Anggaran yang dikucurkan pada tahun ini rencananya mencapai Rp 800 miliar untuk perbaikan 15 ruas jalan.

 

Bacaan Lainnya

Berikut kami merangkum fakta-fakta tentang Jokowi mengambil alih perbaikan jalan rusak di Lampung.

 

Menteri PUPR: Tender Perbaikan Jalan Mulai Bulan Mei

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan perbaikan jalan di daerah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023, tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Beleid tersebut bertujuan untuk menangani kerusakan dan meningkatkan kemantapan jalan daerah di seluruh Indonesia melalui bantuan APBN.

 

“Kami akan segera melaksanakan perintah Bapak Presiden dengan memulai tender pekerjaan pada bulan Mei ini, sehingga jalan sudah bisa mulai diperbaiki pada bulan Juni,” kata Menteri Basuki dikutip dari akun instagram Kementerian PUPR, Minggu (7/5).

 

Adapun 15 ruas jalan di Lampung yang akan ditangani merupakan jalan provinsi yang menjadi penghubung lintas tengah dan lintas timur Trans-Sumatra di Lampung sekaligus pendukung kawasan pertanian, pariwisata, perkebunan, perikanan, tambak udang, dan kawasan produktif lainnya.

 

Jokowi Harus Ganti Mobil saat Cek Jalan Rusak di Lampung

Karena kondisi jalan yang rusak cukup parah dan berlubang, mobil yang dikendarai Jokowi harus berjalan pelan. Bahkan, beberapa kali mobil terselip karena kondisi jalan yang buruk.

 

Akhirnya, Jokowi ganti mobil dari Mercedes Benz ke Land Cruiser. Pergantian mobil dilakukan setelah Jokowi meninjau Jalan Raya Seputih Rahman, Kecamatan Seputih Rahman, Kabupaten Lampung Tengah.

 

Deputi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan mobil yang ditumpangi Jokowi akhirnya diganti karena ada indikator yang menyala.

 

“Tadi pas di Jalan Seputih Raman, saat lagi ninjau jalan, ketemu wartawan juga untuk doorstop, Presiden doorstop, kemudian diberitahu harus ganti mobil karena ada indikator yang menyala,” kata Bey kepada wartawan, Jumat (5/5).

 

“Tapi masih hidup mobilnya. Tapi karena indikator yang menyala, kemudian Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Rafael Granada Baay menyarankan untuk berganti mobil,” lanjutnya.

 

Bersama Presiden Jokowi, juga turut mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas).

 

Zulhas yang juga lahir di Lampung, ikut bersama Presiden Jokowi meninjau jalan yang rusak di wilayah tersebut dan mengomentari soal rusaknya infrastruktur tersebut.

 

“Luar biasa jalannya. Ini kalau ada yang melahirkan, orang hamil bisa melahirkan pak,” kata Zulhas dalam video di akun instagram Presiden Jokowi.

 

Jokowi: Jalan Penting untuk Tekan Biaya Logistik

Jokowi pun meminta agar kondisi jalan rusak di Lampung segera diperbaiki. Sebab, ia menegaskan, perbaikan infrastruktur jalan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

“Secepat-cepatnya dimulai (perbaikan) jalan rusak yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten yang tidak memiliki kemampuan ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah,” kata Jokowi usai mengunjungi Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5) pagi.

 

“Ini melihat, kita melihat inflasi. Melihat harga-harga tetapi juga melihat infrastruktur utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci, biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” pungkasnya.

 

Ket. Foto:

Presiden Jokowi akhirnya ganti mobil ke Land Cruiser setelah mobil Mercedes Benz yang dipakai untuk meninjau jalan di Lampung terselip. Foto: Yulian/kumparan

 

Sumber : kumparan.com

 

Artikel ini tayang di jaringan media Matamaja Group

 

https://matamaja.com/

https://ppnews.id/

https://otoritas.id/

https://buser.id/

https://buser.co.id/

https://buser.web.id/

https://buserjatim.com/

https://buserjabar.com/

https://intelejen.id/

https://gardapublik.com/

https://gardahukum.com/

https://libaz.id/

https://tnipolri.com/

https://libaz.id/

https://ainews.id/

https://lacakberita.com/

https://awasjatim.com/

https://beritamadiun.id/

https://suaramajalengka.com/

https://realistis.id/

https://gmbinews.com/

https://newscobra07.com/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *