Tanamkan Disiplin Pada Siswa, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Latihkan PBB

Pacitan BUSERJATIM.COM- Kedisiplinan merupakan ketaatan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib, karena adanya dorongan kesadaran pribadi tanpa adanya paksaan dari orang lain. 

Kedisiplinan dalam lingkungan pendidikan sangat diperlukan karena dapat mendukung kelancaran dan kenyamanan suasana belajar mengajar serta dapat menciptakan pribadi yang tangguh bagi setiap siswa.

Dalam mewujudkan kedisiplinan di lingkungan pendidikan, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Kodim 0801/Pacitan, Sertu Maryono melaksanakan pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada siswa siswi kelas IX SMPN 2 Kec. Tegalombo Kab. Pacitan, Rabu (06/07/2022). 

Pelatihan PBB secara rutin dapat melatih kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terbentuk sikap dan perilaku seseorang yang mandiri, tegas dan bertanggung jawab. 

Disela-sela latihan Babinsa menyampaikan bahwa, Latihan PBB di lingkungan pendidikan bertujuan untuk membentuk karakter para siswa yang tangguh sebagai generasi penerus bangsa dimasa mendatang.

“Latihan PBB dapat menjadi modal dasar dalam membentuk sikap, mental dan karakter siswa, sehingga dengan sendirinya kedisiplinan akan tertanam pada pribadi masing-masing siswa”, kata Babinsa. 

“Dengan dilatihkannya PBB kepada siswa-siswi diharapkan dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya disekolah maupun dilingkungan tempat tinggal masing-masing”, pungkas Babinsa. 

Saat ditemui usai latihan, salah satu siswa, Irwan (16) mengaku sangat senang dengan adanya pelatihan PBB ini, selain untuk menambah ilmu, latihan tersebut dapat membentuk mental seta fisik yang kuat.