Hukum  

Tahanan Polres Magetan Istiqomah Laksanakan Sholat Berjamaah Di Dalam Rumah Tahanan Polres Magetan

MAGETAN, BUSERJATIM.COM– Disetiap masuk waktu sholat, setelah Adzan berkumandang, para tahanan di rutan Polres Magetan selalu Istiqomah melaksanakan sholat wajib berjamaah di dalam rumah tahanan Polres Magetan.

Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha SIK MSi melalui Kasat Tahti Polres Magetan Iptu Eka Herlina SH mengungkapkan jika Sholat 5 waktu merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan bagi umat muslim tak terkecuali para tahanan yang sedang menjalani proses hukuman.


“Setiap memasuki waktu sholat, petugas piket jaga tahanan selalu mengingatkan para tahanan yang muslim untuk melaksanakan sholat. Tak hanya sholat, sebagian tahanan juga rutin membaca Alquran yang difasilitasi dan disediakan Polres Magetan usai melaksanakan shalat,” ungkap Iptu Eka.

Lebih lanjut Iptu Eka menambahkan meski dilakukan di dalam ruang tahanan, pihaknya memastikan proses ibadah dilakukan sesuai tuntunan syariat Islam, karena kebersihan dan perlengkapan sarana ibadah juga telah disediakan di rutan Polres Magetan.

“Diharapkan dengan dorongan untuk rajin beribadah, diharapkan pelaku kriminal yang ditahan ini bisa introspeksi diri dan mendekatkan diri kepada Tuhan Alloh SWT sehingga tak mengulangi lagi kejahatan ketika kembali ke masyarakat (bebas dari penjara), tambahnya. 

Selain itu, Polres Magetan juga bekerja sama dengan tokoh agama yang dijadwalkan guna memberikan tausyiah pembinaan rohani dan mental kepada para tahanan yang rutin dilaksanakan setiap hari kamis di rumah tahanan Polres Magetan
Dengan harapan bisa meningkatkan dan memantapkan iman dan taqwa para tahanan. (Sihumas/Ipung agustina)