KLHK Ajak Pramuka Kampanyekan Bulan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti di Medsos

Anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega diajak mengampanyekan Bulan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti ke publik dengan mengunggah berbagai kegiatan bakti di lingkungan masing-masing, seperti pemilahan sampah, penanaman pohon, bersih lingkungan, hemat energi di media sosial (medsos).

“Bulan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti bisa diisi kegiatan bakti di lingkungan masing-masing seperti pemilahan sampah, penanaman pohon, bersih lingkungan, hemat energi serta mengunggah ke media sosial sebagai public campaign, Bulan Desember sebagai Bulan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Sekjen KLHK), Bambang Hendroyono, selaku Ketua Pimpinan Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Tingkat Nasional dalam keterangannya terkait pembukaan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Jawa 2023 di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor, Sumedang, Provinsi Jawa Barat pada Minggu (10/12/2023).

Pertikawan Regional Jawa berlangsung pada 8-12 Desember 2023 dan diikuti enam kontingen daerah se-Jawa, yaitu Kwarda Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kwartir Daerah Jawa Timur, serta utusan kontingen cabang dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Menurut Sekjen Bambang, kegiatan perkemahan itu diselenggarakan dalam rangka memberikan edukasi kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, meningkatkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

Dia juga mengatakan, Desember bisa menjadi Bulan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti, karena di bulan ini kedua Saka ini lahir dan menjadi wadah generasi muda dalam cinta terhadap lingkungan.

Para anggota Saka Wanabakti dan Kalpataru diharapkan dapat menempuh Syarat Kecakapan Khusus yang ada di masing-masing Satuan Karya Pramuka.

“Ambillah pengetahuan dan keterampilan sebanyak-banyaknya sehingga Pramuka akan ikut ambil bagian dalam mewujudkan Indonesia Maju,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Kak Prima Mayaningtyas, mewakili Penjabat Gubernur Jawa Barat, mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Pertikawan di Jawa Barat.

Dia mempersilakan peserta Pertikawan menikmati alam yang indah agar semakin menjadi cinta terhadap lingkungan.

Turut hadir dalam acara pembukaan ini, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK, Ade Palguna, Pejabat KLHK terkait, Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup se-Jawa, Kadivre Perum Perhutani, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kwarda se-Jawa, Kepala UPT KLHK di Jawa, Forkompinda Sumedang serta Peserta Pertikawan Regional Jawa 2023.

infopublik.id