[t4b-ticker]

Babinsa 0801/01 Kota Pacitan melaksanakan Pendampingan Tenaga Kesehatan Tes Swab PCR.

PACITAN-BUSERJATIM,COM-
Pelaksanaan Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid 19. Demikian juga yang diterapkan Satgas Covid-19 di di wilayah Kabupaten Pacitan.

Dalam kesempatan ini Babinsa Koramil 0801/01 Kota Pacitan Kodim 0801 Pacitan Serda agus melaksanakan pendampingan kepada tim medis dari Puskesmas Mentoro melaksanakan tracing contact dalam proses pelaksanaan tes swab PCR terhadap 14 warga Desa Mentoro, Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan. Kamis (19/08/2021).

” Empat Belas warga yang ditracing dan di Swab itu, yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di desanya” kata Serda Agus.

Selama ini anggota Koramil 0801/01 Kota Pacitan selalu mendampingi para bidan desa dan tim dari puskesmas yang menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Pacitan untuk melacak daftar nama warga yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif covid 19.

“Kami selalu membantu dan memberikan pendampingan kepada bidan dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen bagi mereka yang kontak erat dengan pasien Covid-19,” ungkapnya.

Dengan pendekatan yang humanis dan memberikan pemahaman kepada warga tentang bahaya Covid-19, maka wargapun bersedia untuk mengikuti swab atau rapid antigen.

“Memang tidak sedikit warga yang enggan untuk di swab atau dirapid, ketika ia kontak erat dengan orang yang terpapar covid 19,” tuturnya.

Selanjutnya sambil menunggu hasil swab PCR, warga yang sudah melaksanakan tes swab dan antigen melaksanakan isolasi mandiri dengan pengawasan pihak kesehatan yaitu Puskesmas Mentoro.( Penrem / Ylt )