Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Tunjung Laksanakan Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak Sapi Dan Kambing Untuk Pencegahan PMK

BUSERJATIM.COM || KOTA BLITAR-
Sebanyak 126 (seratus dua puluh enam) ekor hewan ternak sapi dan sebanyak 12 (dua belas) ekor kambing telah di vaksin Di Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Kamis, 01 September 2022.

Kegiatan vaksinasi untuk hewan ternak sapi dan kambing ini untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku atau yang biasa di sebut penyakit PMK, mengingat penyebaran PMK ini cukup meresahkan para peternak sapi, karena dapat mempengaruhi harga jual sapi dan apabila hewan sapi yang terkena PMK parah bisa mengakibatkan kematian, namun apabila segera tertangani sapi tersebut akan sembuh.

Untuk itu Bhabinkamtibmas Desa Tunjung Briptu Rauuf Alkabir dan Babinsa Desa Tunjung Sertu Prayitno selalu memonitor perkembangan penyebaran PMK di Wilayah desa Binaannya.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa melaksanakan pendampingan vaksinasi PMK di Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, supaya pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya vaksin untuk hewan sapi dan kambing ini dapat menambah kekebalan tubuh hewan tersebut dan apabila terserang PMK akan lebih mudah pengobatannya.

Selain itu Briptu Rauuf Alkabir Juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap melakukan upaya upaya pencegahan agar hewan ternaknya tidak terkena PMK, warga masyarakat yang memiliki hewan ternak sapi hendaknya rutin membersihkan kandang, melakukan penyemprotan disinfektan di area kandang dan memberikan vitamin untuk hewan. Apabila ada hewan ternak yang mempunyai gejala PMK agar menempatkan secara terpisah dengan hewan sapi lainnya dan segera menghubungi dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pengobatan secara cepat dan tepat. “Ucap Rauuf”. Tetap Selalu Menjaga Prokes 6 M. (Hary/Red-Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *