Pimpin Upacara Bendera, Pabung Kodim Madiun Minta Prajurit Pedomani Santi Aji.

Madiun – Komando Distrik Militer (Kodim) 0803/Madiun menggelar Upacara Bendera mingguan yang dilaksanakan setiap hari Senin. Kegiatan upacara diikuti oleh seluruh anggota Militer dan PNS jajaran Kodim 0803/Madiun, bertempat di Lapangan Apel Makodim Jl. Pahlawan No. 25 Kota Madiun, Jawa Timur, Senin (8/1/2024).

Pada Upacara bendera kali ini bertindak sebagai Inspektur Upacara Pabung Kodim 0803/Madiun Mayor Inf Timbul Moedjihartoyo sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara Danramil 17/Sawahan Kapten inf Heru Purnomo, dan diikuti seluruh anggota Kodim 0803/Madiun baik itu Prajurit maupun PNS.

Dalam amanatnya Pabung menyampaikan bahwa upacara pengibaran bendera merah putih yang rutin dilaksanakan pada hari Senin tersebut, bertujuan untuk memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit.

“Upacara bendera ini dilaksanakan bukan hanya sekedar rutinitas, namun dapat dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Nasionalisme, melalui penghormatan terhadap simbol negara yang diperjuangkan melalui pengorbanan para Pahlawan,” kata Pabung Kodim 0803/Madiun Mayor Inf Timbul Moedjihartoyo.

Lebih dari itu, menurut Pabung, upacara bendera ini juga bertujuan untuk mengenang jasa para Pahlawan serta menumbuhkan sikap disiplin bagi prajurit dalam memegang teguh dan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI ( Santi Aji).

“Saya minta seluruh anggota tetap berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam melaksanakan tugas di lapangan,” tegasnya.

Diakhir amanatnya Pabung berpesan kepada seluruh anggota Kodim 0803/Madiun untuk totalitas dalam memberikan pengabdian kepada negara, bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Mari kita maknai upacara setiap hari Senin ini untuk memantapkan kualitas pengabdian kepada bangsa dan negara serta seluruh masyarakat Indonesia, juga sebagai penghormatan jasa para pahlawan yang telah berkorban membela NKRI,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *