Jelang Musim Tanam Padi, Petani di Pilangkenceng Menggelar Selamatan.

Madiun – Supaya dijauhkan dari hama, menjelang musim tanam padi, para petani di Madiun menggelar selamatan. Seperti yang digelar di wilayah Desa Duren, Kec. Pilangkenceng, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Mereka, berbondong bondong menggelar selamatan dan dilanjutkan dengan bergotong royong membersihkan irigasi persawahan yang berada di lokasi tersebut.

Dikonfirmasi pada Rabu (20/12/2023), Babinsa Desa Duren Sertu Purwanto yang turut menghadiri kegiatan selamatan menyampaikan, kegiatan syukuran selamatan ini dilaksanakan rutin setiap akan memasuki musim tanam padi.

“Syukuran selamatan ini, merupakan budaya para petani di wilayah binaan kami yang dilakukan sebelum menanam padi,” ujarnya.

Dikatakan Sertu Purwanto, tujuan diadakannya selamatan, yaitu meminta kepada Allah SWT agar petani diberi keselamatan dan tanamannya jauh dari hama.

“Saat sekarang ini sudah memasuki musim penghujan dan para petani pun sudah mulai menggarap sawah, kami berharap para petani diberikan kesehatan lahir dan batin, dan dipermudah segala bentuk urusannya, sehingga memperoleh hasil panen yang memuaskan,” ungkapnya.

Setelah melakukan selamatan, kegiatan dilanjutkan dengan bergotong royong bersih-bersih saluran irigasi, agar pengairan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *