Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Kodim Madiun Gelar Karya Bakti.

Madiun – Memasuki musim penghujan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan semakin meningkat.

Terkait hal itu, untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan munculnya wabah penyakit akibat nyamuk, serta untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kodim 0803/Madiun melaksanakan karya bakti pembersihan saluran air, pembersihan lingkungan pasar dan penanaman pohon di wilayah Desa Gading, Kec. Balerejo, Kab. Madiun, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan karya bakti yang dibuka oleh Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi tersebut diikuti oleh ratusan personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah serta masyarakat setempat.

Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh TNI-AD ini menjadi upaya yang melibatkan pemerintah daerah dan kepolisian serta warga dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta untuk mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi.

“Kegiatan karya bakti ini dilaksanakan serentak oleh jajaran TNI-AD di seluruh Indonesia, dengan sasaran normalisasi sungai, pembersihan pasar dan penanaman pohon,” kata Dandim.

Menurut Dandim, dilaksanakannya kegiatan karya bakti ini selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, mengantisipasi wabah penyakit serta melestarikan alam. Karya bakti ini juga merupakan salah satu upaya mendorong semangat masyarakat untuk bersama-sama aktif dalam setiap kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan,” ungkapnya.

Kegiatan karya bakti serentak yang dilakukan TNI-AD tersebut juga dijadikan momentum untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga saluran air tetap bersih menjadi bagian dari upaya preventif yang terus kami dilakukan,” imbuhnya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh kolaborasi yang baik serta menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap keberhasilan lingkungan,” pungkasnya.

Masyarakat Desa Gading pun menyambut baik kegiatan ini serta mengapresiasi sinergi TNI-Polri dan instansi terkait dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan mereka. Upaya bersama seperti ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih, aman, dan nyaman, terutama di musim penghujan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *