Peringati Hari Pahlawan: Ki Djoko Sutedjo Pamerkan Hasil Karyanya

BOYOLALI, BUSERJATIM.COM-

Memperingati Hari Pahlawan nasional 10 November, 17 lukisan wayang raden gatotkaca karya ki Djoko Sutedjo dan anak didiknya dipamerkan di sanggar nya dukuh pelang, bade, Klego, Boyolali.

Pada tanggal 10 November Hari Pahlawan salah satu bagian yang penting dalam sejarah. Hari Pahlawan mengingatkan kita akan semangat juang rakyat Indonesia dengan mengetahui sejarah perjuangan para Pahlawan.

‘Masyarakat Indonesia dapat menghargai hasil kemerdekaan yang didapatkan saat ini juga menjadi motivasi bagi seluruh Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan berbudaya.”

Sebuah wujud penghormatan sebagai anak bangsa antara lain salah seorang pelukis kondang Ki Djoko Sutedjo putra kedua bapak Darmo dan ibu Paiyem dari dukuh Pelang, Bade, Klego, Boyolali. Setiap hari peringatan hari yang penting nasional maupun internasional selalu peduli terhadap bangsa dan negaranya.

Suatu perjuangan tidak harus berperang menghadapi penjajah, menurut Ki Joko mengadakan kegiatan pameran lukisan wayang, mengadakan bimbingan secara gratis melukis wayang untuk anak-anak, lomba melukis wayang anak-anak, sudah suatu perjuangan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian nya sendiri khususnya wayang.

Maka pada Hari Pahlawan 10 november 2021 kali ini Ki Djoko mengadakan pameran lukisan wayang khusus wayang raden Haryo Gatot Kaca. kenapa yang dipamerkan hanya Gatotkaca saja, Ki Djoko menuturkan bahwa Raden Gatotkaca sebagai gambaran umum Pahlawan yang gagah berani tangguh dan tanpa pamrih.

Badan gatotkaca putra raden haryo sejak lahir dimasukkan didalam kawah condrodimuko dan diisi bermacam-macam senjata yang sakti sehingga gatotkaca berotot kawat tulang besi bisa terbang tanpa sayap dan bisa duduk di atas awan yang melintang, maka Gatot kaca diangkat menjadi senopati perang dalam perang Baratayuda yang gugur oleh senjata Kunto Wijaya memiliki Prabu Karno dari kurawa.

Artinya Ki Djoko dalam pameran kali ini bertujuan agar generasi muda, remaja dan anak-anak mau menghormati nilai-nilai luhur perjuangan para pahlawan kita lewat cerita dalam pewayangan serta generasi muda kita mau mencintai dan menghargai kesenian nya yang mengandung pendidikan budi pekerti yang luhur.

Tampak pada foto, Ki Djoko Sutedjo menjelaskan tentang lukisan wayang Gatotkaca pada seorang pelajar SMK yang menggendong adiknya. Tetap Selalu Menjaga Prokes 5 M.
Jurnalis: Hary77 – Team
Narasumber: Ki Djoko Sutedjo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *