Harmonis Dengan Bupati, Ketua Pemuda Pancasila Majalengka Hadiri Upacara Hardiknas

Matamaja Group//Majalengka. Tanggal 02 Mei 2023 merupakan salah satu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya pada setiap tanggal 02 Mei tersebut rakyat indonesia memperingati dan merayakannya sebagai Hari pendidikan Nasional  yang kerap disebut dengan nama Hardiknas. Kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional secara serentak digelar diberbagai daerah dengan berbagai cara, dimana kegiatan peringatan Hardiknas ini di Majalengka dipusatkan di LapanganbGGM Majalengka yang dikemas dalam bentuk upaca bendera, Selasa (02/05/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Majalengka, Wakil Bupati Majalengka, Jajaran Muspida dan seluruh OPD yang ada di Kabupaten Majalengka, tidak terkecuali Ketu PP (Pemuda Pancasila) Kabupaten Majalengka.

Bacaan Lainnya

Bupati Majalengka, Dr.H. Karna Sobahi, M., M.Pd yang bertindak sebagai Pembina menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan secara utuh. Dalam sambutannya disebutkan, salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral. Karakter moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Yang kedua dan tak kalah pentingnya adalah karakter kinerja. Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat.

Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya.

Terakhir dan tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi.

Peringatan Hardiknas dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka diwarnai dengan pemberian penghargaan dari Bupati Majalengka kepada guru yang berprestasi, baik yang berasal dari sekolah maupun dari Madrasah. Kemudian acara ini ditutup dengan pertunjukan yang luar biasa dari putra putri terbaik Majalengka. Mereka menampilkan berbagai kebolehan, seperti karate, tari dan baris berbaris. Mereka yang tampil merupakan anak-anak yang telah mengantongi prestasi yang membanggakan, baik tingkat, Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan ada yang internasional

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *