Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0801/Pacitan Menyelenggarakan UTP Teritorial

Pacitan BUSERJATIM.COM- Untuk meningkatkan kemampuan para prajuritnya agar memiliki kesiapan dalam pelaksanaan tugas pokok, Kodim 0801/Pacitan menyelenggarakan latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) Teritorial, bertempat di Makodim 0801/Pacitan Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Senin (13/02/2023).

Kegiatan latihan UTP Teritorial tersebut diikuti oleh seluruh prajurit baik Tamtama maupun Bintara Kodim 0801/Pacitan beserta jajarannya, dengan tujuan untuk menguji tingkat kemampuan dan keterampilan perorangan sesuai pangkat dan jabatan masing-masing.

Ada beberapa materi yang diujikan diantaranya meliputi, materi Teritorial, Komunikasi, Pionir, Navigasi Darat, Pengamanan, Longmalap dan pengetahuan Senjata Ringan. 

Secara terpisah Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto, S.I.P.,M.I.P. menyampaikan bahwa kegiatan UTP ini merupakan program kerja latihan dari komando atas, yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan prajurit secara perorangan sesuai bidang keterampilannya guna mencapai standarisasi, sehingga dapat menunjang tugas pokok. 

“Latihan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut agar setiap prajurit memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mendukung tugas pokok sebagai aparat kewilayahan”, kata Dandim secara terpisah kepada awak media.

Kemudian, beliau juga berharap agar setiap prajurit melaksanakan kegiatan tersebut secara maksimal, dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga mampu memahami dan menguasai materi yang telah di berikan oleh pelatih. 

“Jadikan ini sebagai sarana untuk mengasah keterampilan, sehingga menjadi prajurit yang memiliki kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan demi menghadapi tugas-tugas pembinaan teritorial di wilayah masing-masing”, ujar Dandim.

Lebih lanjut, ia mengingatkan kepada seluruh prajurit, agar dalam pelaksanaan latihan tetap mengutamakan faktor keamanan, sehingga dapat berjalan tertib dan lancar. 

“Melalui kegiatan latihan ini diharapkan setiap prajurit dapat mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, sehingga nantinya menjadi bekal dan dapat diimplementasikan dengan baik sebagai Apkowil. Jaga faktor keamanan untuk menghindari kerugian sekecil apapun baik personil maupun materiil”, tutur Dandim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *