Personil Polsek Bangli Laksanakan Pengamanan Kegiatan Nangluk Merana di Simpang Empat Catus Pata

POLDA BALI, POLRES BANGLI, POLSEK BANGLI, BUSERJATIM.COM–

Selasa 12 Desember 2023

Demi Keamanan dan kelancaran kegiatan masyarakat di wilayah polsek Bangli, anggota bersinergi dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Bangli, melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat disimpang empat catus Pata Bangli.

Terkait dengan hal tersebut pada hari Selasa, 12/12/2023 pukul 09.45 s/d 11.15 wita bertempat di simpang empat Catus Pata Kota Bangli dilaksanakan upacara Melaspas dan Pecaruan Nangluk Merana oleh Pemkab Bangli dan dipuput oleh Ida Pedanda Gede putra Keramas Manuaba dari griya Brahmana Bukit Bangli.

Hadir dalam giat tersebut : Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, S.E, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, S.ST., Par, OPD di Lingk. Pemkab Bangli, Kementrian Agama Kabupaten Bangli, Wakil Ketua PHDI Kab. Bangli I Nengah Wira, S.H, Prajuru Adat dan Perwakilan Masyarakat di sekitar kota yang keseluruhan berjumlah kurang lebih 75 orang.

Upacara Nangluk Merana yang dilaksanakan oleh Umat Hindu dilaksanakan sebagai pergantian sasih dari sasih ke Lima ke sasih keenam, di mana pada musim ini merupakan musim panca roba peralihan dari musim dimana pada sasih keenam diyakini akan terjadi hujan lebat sehingga akan timbulnya berbagai penyakit dan bencana alam.

Upacara tersebut dilaksanakan untuk memohon kepada yang maha kuasa agar pada sasih ini masyarakat terhindar dari segala penyakit dan bencana alam, sehingga upacara Nangluk Merana dilaksanakan baik dicatus pata Kota Bangli maupun di masing-masing Banjar.

Selama kegiatan upacara Pecaruan Nangluk Merana berlangsung dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Dalam hal ini pengamanan di Pimpin Langsung Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H, didampingi Wakapolsek AKP I Dewa Made Anom Astawa, S.H, Pawas AKP I Nyoman Sujana dengan melibatkan 12 personil Polsek dan Bhabinkamtibmas bersinergi dengan insatnsi terkait.

Disampaikan secara terpisah oleh Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H mengungkapkan bahwa. ” pelaksanaan pengamanan dengan melaksanakan pengaturan di simpang empat catus pata Bangli, merupakan bentuk pelayanan kepolisian dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menjaga situasi kamtibmas dalam mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan, ” Ungkapnya

“Pelaksanaan pengamanan dengan mengatensi aktifitas masyarakat diseputaran simpang empat catus Pata Bangli, merupakan bentuk kehadiran Polisi ditengah2 Masyarakat, untuk memberikan pelayanan kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, ” Imbuh Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H.,M.H.

Salam Presisi

( priyono/red )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *