BABINSA KORAMIL 0805/01 NGAWI BERIKAN WASBANG DAN LATIHAN KEPRAMUKAAN KEPADA SISWA-SISWI SMKN 1 NGAWI.

 

NGAWI,BUSERJATIM.COM GROUP- Babinsa Koramil 0805/01 Ngawi Serda Arif Andy memberikan wawasan kebangsaan dan materi Kepramukaan kepada Siswa-siswi kelas X SMKN 1 NGAWI bertempat di Benteng Kel. Pelem Kec. Ngawi Kab. Ngawi. Sabtu (30/09/2023)

Bacaan Lainnya

Materi kepramukaan yang diberikan antara lain berupa latihan Pengenalan Peta,Pengenalan Kompas,PBB,Outbond dan Survival.Pada kesempatan tersebut Serda Arif Andy juga mengisi materi Wasbang tentang nilai-nilai Pengamalan Pancasila dan Sejarah Perjuangan Bangsa.

Kegiatan ini berjumlah kurang lebih 100 orang siswa siswi, nantinya akan dibagi perkelompok dengan tiap-tiap kelompok terdiri dari 10 orang Siswa yang nantinya akan berputar melewati Pos per pos,antara lain :
Pos 1 : Pengenalan Peta
Pos 2 : Pengenalan Kompas
Pos 3 : PBB
Pos 4 : Outbond
Pos 5 : Survival
Di setiap pos diisi oleh 2 orang pelatih yg sehari-hari menjabat sebagai Babinsa Koramil jajaran Kodim 0805/Ngawi.

Babinsa mengatakan di tengah pengaruh era informasi digital seperti saat ini sangat mempengaruhi gaya dan perilaku siswa, pendidikan kepramukaan dirasa sangatlah penting bagi pengembangan diri siswa. Apalagi bagi mereka yang sedang mengalami transisi untuk mencari jati diri. Ketika mereka belum mempunyai pendirian yang tetap. Kebanyakan siswa-siswi banyak terbawa pengaruh atau arus di lingkungan. Hal ini karena mereka belum mempunyai kepribadian yang matang dan prinsip yang kuat.

Oleh karena itu, Pendidikan kepramukaan bisa menjadi solusi untuk pembentukan karakter dan mental siswa. Pendidikan pramuka tidak hanya membuat siswa lebih berkarakter dan mempunyai kepribadian yang positif. Pramuka juga mengajarkan siswa bagaimana mengenal lingkungan hidup, alam semesta dan bertahan hidup dalam keadaan darurat, berbagai pengetahuan dan ilmu bertahan hidup seperti menggunakan berbagai benda di alam sekitar, yang akan membuat siswa lebih tangguh dan mencintai alam yang ada disekitarnya.”ujar Serda Arif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *