Kornas TRC PPA Beri Ketegasan dan Angkat Bicara

JAWA TIMUR, BUSERJATIM.COM-

Minggu, 14/11/2021. Koordinator Nasional ( Kornas ) TRC PPA angkat bicara persoalan Permendikbud terkait kekerasan seksual yang lagi ramai diperbincangkan dan menuai polemik.

“Naomi, Kornas TRC PPA menjelaskan dengan tegas dan lantang persoalan Permendikbud terkait kekerasan seksual.”

“Kita mendukung apapun keputusan bapak Menteri Pendidikan kaitan Peraturan Menteri yaitu atutan kekerasan seksual. Perlu kita ingat bahwa bagaimana perjuangan Komnas Anak dulu perjuangkan kemerdekaan dan hak – hak anak khususnya,”.

Kalau mencakup tentang perempuan dan dalam dunia pendidikan mulai dari level PAUD, SD, SMP, SMA bahkan Mahasiswa harusnya kaitan pendidikan harus dengan tegas sanksinya untuk pelaku kekerasan seksual.

Saya selaku Ketua Kornas TRC PPA juga sangat menghargai riset yang sudah dilakukan, namun perlu saya pertegas dalam Undang Undang kaitan kan kekerasan seksual itu tidak hanya melakukan persetubuhan tapi juga verbal. Nah kalau kaitan ada bahasa persetujuan atau tidak, ini akan membuka peluang memperburuk moral nantinya.

“Ini tidak hanya persolan pendidikan, tapi juga persoalan perempuan dan anak untuk kedepannya.”

Semua lapisan masyarakat perlu memiliki kesadaran untuk saling menjaga kelompok rentan yaitu anak dan perempuan yang ada dilingkungannya. Upaya preventif harus terus diupayakan sebagai bentuk pencegahan yang maksimal.

Sehingga kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat dicegah sejak dini dan korban mendapatkan pertolongan layanan yang dibutuhkan sesegera mungkin. Ucap Bundha Naomi selaku Kornas TRC PPA.

Pewarta: Hary77
Narasumber: KORNAS TRC PPA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *