Cek 91 Command Center, Kapolri Pastikan Pengamanan KTT ASEAN Berjalan Baik

MATAMAJA GROUP//Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan venue KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia memastikan pengamanan kegiatan ini berjalan baik.

 

Bacaan Lainnya

“Baru saja kita melaksanakan pengecekan langsung terkait dengan kesiapan Kepolisian dalam rangka pengamanan KTT ASEAN atau ASEAN Summit,” ungkap Kapolri Sigit usai mengecek 91 Command Center di Labuan Bajo, Rabu (3/5/2023).

 

Setelah mengecek 91 Command Center, Sigit menjelaskan pusat kendali operasi ini juga dapat memantau situasi dari udara dengan drone, Dashboard Polisiku, Dashboard 110, serta SOT Presisi.

 

Selain itu, peralatan monitoring juga terintegrasi untuk penanganan kebencanaan alam dan tsunami di Bali di antaranya Flight Radar Airnav, Traffic Marine, dan lintas darat.

 

“Jadi kita mengecek langsung bagaimana mulai dari bandara sampai dengan titik akomodasi kemudian sampai dengan tempat kegiatan, semuanya termonitor dan terawasi,” tuturnya.

 

“Petugas-petugas yang melaksanakan tugas semuanya tersambung dan bisa melaporkan kegiatan mereka pada saat di lapangan dengan Command Center,” sambungnya.

 

Pada peninjauan ini, Kapolri juga mengecek CCTV yang sudah terintegrasi fitur face recognition atau deteksi wajah. Teknologi canggih ini sudah diterapkan Polri pada saat pelaksanaan pengamanan KTT G20 di Bali pada November 2022.

 

“Kemudian kita cek juga tadi per satu terkait dengan fasilitas yang ada mulai bagaimana Command Center bisa mendeteksi identitas masyarakat yang datang, baik tamu asing ataupun masyarakat lokal,” terangnya.

 

“Kemudian juga kita pasang data-data orang yang harus diawasi yang ada di catatan kepolisian yang tentunya itu juga menjadi bagian yang kita pastikan bahwa semuanya bisa berjalan,” imbuhnya.

 

Kapolri juga memastikan posko Command Center bisa memonitor apabila terjadi situasi bencana maupun kondisi cuaca. “Sehingga langkah penanganan yang dilakukan bisa terpantau dan lebih terkendali,” ujarnya.

 

Mantan Kabareskrim Polri ini berharap seluruh kesiapan dalam rangka pengamanan KTT Asean Summit bisa berjalan dengan baik. “Kita pernah punya pengalaman waktu KTT G20, mudah-mudahan di ASEAN Summit ini kita bisa bekerja dengan lebih baik,” tukasnya.

 

Ket. Foto:

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan 91 Command Center KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (Foto: PMJ News/Dok Humas Polri)

 

Sumber: PMJNews.com

 

Artikel ini tayang di jaringan media Matamaja Group

 

https://matamaja.com/

https://ppnews.id/

https://otoritas.id/

https://buser.id/

https://buser.co.id/

https://buser.web.id/

https://buserjatim.com/

https://buserjabar.com/

https://intelejen.id/

https://gardapublik.com/

https://gardahukum.com/

https://libaz.id/

https://tnipolri.com/

https://libaz.id/

https://ainews.id/

https://lacakberita.com/

https://awasjatim.com/

https://beritamadiun.id/

https://suaramajalengka.com/

https://realistis.id/

https://gmbinews.com/

https://newscobra07.com/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *