Cegah Bencana Banjir: Kodim 0806/Trenggalek Gandeng Masyarakat Tanam Pohon

Trenggalek, Buserjatim.com – Dalam upaya konkret untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak bencana banjir di wilayahnya, Kodim 0806/Trenggalek menggelar karya bakti penanaman pohon secara serentak. Kegiatan ini dilaksanakan di lahan Perhutani Petak 84 F2 RPH Trenggalek, DKPH Trenggalek, KPH Kediri Dusun Gempleng, Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek,Jumat (8/12/2023).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Dandim 0806/Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., turut serta langsung memimpin penanaman pohon. Beliau bersama-sama dengan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Trenggalek, Drs. Stevanus Triadi Atmono, M.Si., petugas Perhutani, dan warga masyarakat sekitar melakukan penanaman pohon secara bersamaan.

Dalam statementnya, Letkol Czi Yudo Aji Susanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang turut serta dalam kegiatan tersebut. “Kita semua telah berkumpul di sini dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk bersama-sama mengantisipasi dan mengurangi dampak bencana banjir yang mungkin terjadi di wilayah Trenggalek,” ujar Dandim.

Beliau menekankan bahwa bencana banjir merupakan ancaman serius bagi kehidupan masyarakat, dan langkah-langkah preventif seperti penanaman pohon menjadi suatu keharusan untuk melindungi kita semua. “Pohon-pohon yang kita tanam hari ini bukan hanya sekadar tanaman, tetapi merupakan bentuk investasi jangka panjang bagi keberlanjutan lingkungan dan kehidupan kita,” tambahnya.

Kegiatan ini bukan hanya menjadi upaya nyata dalam menghadapi potensi bencana, tetapi juga menciptakan kesadaran kolektif akan pentingnya konservasi lingkungan. Melibatkan berbagai pihak, termasuk aparat militer, pemerintah daerah, dan masyarakat, karya bakti ini menjadi contoh kolaborasi yang efektif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Penanaman pohon secara serentak tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam meredam potensi banjir, tetapi juga berkontribusi pada perbaikan ekosistem dan peningkatan kualitas udara. Kodim 0806/Trenggalek dengan tegas memperlihatkan peran aktifnya dalam upaya melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan lestari.

Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk mengadopsi langkah serupa dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan melibatkan masyarakat dalam upaya pencegahan bencana.