[t4b-ticker]

Waspadai OTG, Babinsa Koramil 0803/15 Kartoharjo Gencar Lakukan Tracing

MADIUN-BUSERJATIM, COM-
Sertu Khamim anggota Koramil 0803/15 Kartoharjo Kodim 0803/Madiun bersama anggota BKO dari TNI-AU dan Tiga Pilar Kelurahan Rejomulyo melaksanakan penelusuran kontak erat (tracing) Covid-19 kepada warga binaan, Senin (15/8/2021). Penelusuran kontak erat ini dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan dan menekan laju penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kota Madiun.

“Tracing atau penelusuran kontak erat kami lakukan minimal terhadap delapan orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Sertu Khamim.

Menurutnya semakin banyak tracing dilakukan, maka angka positif Covid-19 akan dapat dikendalikan. Dirinya menyebut salah satu penularan virus ini bisa melalui droplet atau percikan partikel liur dari batuk, bersin atau saat berbicara, sehingga kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 memungkinkan terjadinya penularan.

“Jadi tracing merupakan langkah untuk mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” tambahnya.

Selain melakukan tracing, dirinya juga menghimbau kepada warga binaanya untuk melakukan testing atau melapor kepada tim satgas, jika pernah melakukan kontak dengan pasien Covid-19. Walaupun tidak mengalami gejala klinis seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

“Ini penting karena dikhawatirkan mereka sebenarnya telah terinfeksi setelah kontak dengan pasien Covid-19, namun tidak mengalami gejala klinis atau OTG, sehingga mereka tidak menyadarinya. Kasus seperti ini justru sangat berpotensi menyebarkan virus kepada orang lain dan kejadian ini sering terjadi,” pungkasnya.(Penrem/ Alex )