[t4b-ticker]

Kodim 0804/Magetan Bekali Prajurit Abit Dikjurba Otsus Dengan Kemampuan Teritorial

MAGETAN,BUSERJATIM.COM- Dalam rangka menambah wawasan kepada Prajurit Abit Dikjurba Otsus, yang melakukan kegiatan aplikasi peningkatan kemampuan teritoral sebagai Babinsa di wilayah Papua, Kodim 0804/Magetan memberikan pembekalan kepada peserta Katpuanter Prajurit Abit Dikjurba Otsus TNI AD TA. 2021, Senin (09/08/2021).

Saat ini mereka sudah selesai menjalani pendidikan pembentukan dan kejuruan, yang rencananya mereka akan dikembalikan ke Kodam XVIII/Kasuari (Papua Barat) untuk menjadi Babinsa. Sebelum mereka mengemban tugas sebagai Babinsa, mereka akan dibekali pelatihan bagaimana menjadi Babinsa berupa praktek lapangan di Koramil-Koramil seperti yang dilaksanakan di Kodim 0804/Magetan saat ini.

Dalam arahannya Kapten Caj Jemani selaku pendamping dan pemberi materi mengingatkan, “Selama kegiatan aplikasi (praktek lapangan) silahkan manfaatkan dengan baik, karena apa yang didapat saat praktek lapangan ini, itulah yang akan diterapkan dalam pelaksanaan tugas sebagai Babinsa di wilayah Papua.

Selain ilmu teritorial, mereka juga akan mempelajari tentang bagaimana menjadi guru bantu mengajar anak-anak SD, membina anak-anak pramuka dan karang taruna, pelatihan penanggulangan bencana alam, pelatihan UMKM, belajar pemecahan masalah dan berbicara efektif, dimana ilmu tambahan ini sebagai bekal saat pulang ke Papua untuk membina masyarakat desa disana.

Oleh karena Kapten Jemani berharap setelah selesai pembekalan ini Prajurit Abit Dikjurba Otsus dapat melaksaksanakan tugas sebagai aparat kewilayahan dengan baik dan tetap memedomani 5 sikap teritorial dan 5 kemampuan teritorial, “ungkap Kapten Jemani”.

Sumber : penerangan

Jurnalis : Alex