[t4b-ticker]

Ditengah Pandemi Covid-19, Malam Tirakatan HUT RI ke 76 Di Magetan Digelar Secara Sederhana

MAGETAN,BUSERJATIM.COM- Malam tirakatan merupakan malam yang tepat sebagai malam perenungan untuk mengenang kembali peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 76 tahun silam dengan menghayati nilai-nilai kepahlawanan para pejuang kemerdekaan dan menghormati kerja keras serta pengorbanan yang tanpa pamrih.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkab Magetan sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI ke 76 yang digelar di Pendopo Surya Graha Magetan. Senin malam (16/8/2021)

Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo mengungkapkan bahwa meski tahun ini tidak digelar secara meriah, namun hal tersebut tidak mengurangi makna kemerdekaan yang harus terus digelorakan di dada.

“Malam tirakatan dalam menyambut peringatan Hari Proklamasi sama halnya sebuah perenungan spiritual dan kontemplasi dengan memusatkan batin kita agar dapat menunaikan cita–cita dan semangat proklamasi kemerdekaan dengan konsisten, konsekuen dan berkelanjutan. Tak lupa juga kita berdoa agar Indonesia khususnya Kab. Magetan semakin baik dan segera bebas dari Pandemi Covid-19,” tuturnya.

Selain untuk mensyukuri kemerdekaan, kegiatan ini patut dijadikan momen untuk mengingat tujuan para pejuang bangsa dan merenungkan situasi serta kondisi saat ini. Melalui doa bersama dan malam tirakatan ini sebagai wujud syukur atas kemerdekan yang telah diraih dan untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur dan untuk keselamatan serta keutuhan bangsa Indonesia, “ungkapnya”.

“Semangat nasionalisme tetap harus membara di dada setiap masyarakat. Kemerdekaan diraih oleh para pendahulu kita dengan jiwa raga yang mereka korbankan. Sehingga, malam Tirakatan ini merupakan peluang bagi kita untuk prihatin mengamati situasi dan kondisi saat ini untuk merenung, apakah makna yang tersimpul dari peristiwa sejarah (heroik) itu bisa menjadi learning process dalam mencari solusi yang bermartabat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari di tengah pandemi,” jelasnya.

Sumber : Penerangan/Alex