[t4b-ticker]

Lakukan Operasi Masker, Dandim Madiun Sebut Prokes Sebagai Kunci Terhindar Dari Covid-19.

MADIUN-BUSERJATIM, COM-
Guna memutus penyebaran virus Covid-19, Jajaran Kodim 0803/Madiun bersama anggota BKO dari TNI AU melaksanakan sosialisasi penerapan PPKM dan operasi yustisi penengakan disiplin mematuhi protokol kesehatan, dengan menyasar Pasar hewan Ds. Bajulan Kec.Saradan, Sabtu (14/8).

Petugas menghimbau pedagang dan pengunjung pasar untuk menerapkan (5M) seperti memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Anggota Koramil 0803/09 Saradan Pelda Sarbani saat ditemui media aplikasi mengatakan, Operasi yustisi penengakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dilakukan dengan menyasar para pedagang dan pengunjung yang beraktifitas di Pasar hewan.

“Masih ditemukan beberapa pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker, kepadanya kami berikan masker dan kami lakukan edukasi terkait pentingnya protokol kesehatan. Dengan pendekatan emosional yang baik, semua pengunjung dan pedagang dapat menerima kehadiran petugas dan dengan senang hati mematuhi himbauan kami,” terangnya.

Sementara itu Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles mengatakan, digelarnya operasis yustisi ini dimaksudkan untuk memberikan himbauan serta pemahaman terkai pentingnya mematuhi protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Membangun kesadaran masyarakat untuk menjalankan adaptasi kebiasaan hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan pada kehidupan sehari-hari memang tidak mudah. Untuk itu saya selalu tekankan kepada petugas, agar dalam pelaksanaan operasi yustisi dilakukan dengan persuasif dan melalui pendekatan emosiaonal yang baik. Dengan demikian diharapkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan prokes semakin meningkat,” ungkapnya.

Perwira lulusan akmil tahun 2001 itu berharap, masyarakat mempunyai rasa saling peduli dan menjaga satu sama lain.

“Dengan memakai masker maka artinya kita sudah menjaga orang diseleliling kita dari virus Covid-19, pun demikian sebaliknya,” tambahnya.

Dirinya menyebut, salah satu kunci keberhasilan dalam mengatasi pandemi Covid-19 adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kuncinya ada pada kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Karena hingga saat ini cara itu dinilai paling efektif untuk terhindar dari Covid-19, serta mampu menekan lonjakan kasus positif,” pungkasnya.(Penerangan/Alex)